News

News

MediaMU.COM

May 7, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini

Muhammadiyah Dapatkan Penghargaan dari SEAWPM Atas Usahanya Menjaga Perdamaian Dunia dan Pembangunan Sosial

JAKARTA - Muhammadiyah mendapat penghargaan dari Southeast Asia Women Peace Mediators (SEAWPM) atas usahanya dalam memelihara perdamaian dan pembangunan sosial di dalam dan luar negeri.

Penghargaan ini diberikan SEAWPM saat mereka mengunjungi Kantor PP Muhammadiyah di Jakarta pada tanggal 3 Oktober. Kunjungan ini diterima oleh Ketua Lembaga Hubungan dan Kerja Sama Internasional (LHKI) PP Muhammadiyah Imam Addaruquthni dan Sekretaris Yayah Khisbiyah.

Anggota SEAWPM, di antaranta Emma Leslie dari Australia-Cambodia, Miriam Coronel Ferrer dari Filipina, Shadia Marhaban, dan Adelina Kamal dari Indonesia, sangat menghargai Muhammadiyah sebagai organisasi Islam modern tertua di Indonesia yang telah berkomitmen dalam menjaga perdamaian dan menciptakan perubahan positif, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pertemuan yang berlangsung selama 2 jam tersebut membahas berbagai topik, termasuk upaya perdamaian di Filipina Selatan yang dimediasi oleh International Contact Group (ICG), dengan Muhammadiyah sebagai salah satu anggotanya. Selain itu, pertemuan juga membahas konflik yang berdampak pada perempuan dan anak-anak di Myanmar, Afghanistan, dan Palestina.

Sekretaris LHKI PP Muhammadiyah, Yayah Khisbiyah, merekomendasikan untuk memperluas fokus "Education for Women" menjadi "Education for All," terutama di kawasan Afghanistan dan Palestina yang mengalami situasi yang rumit. Dia berharap bahwa dengan mengubah fokus tersebut, pendidikan inklusif dapat menjadi lebih mudah diterima oleh berbagai pemangku kepentingan dan memberikan manfaat yang lebih luas.

Shadia Marhaban juga menjelaskan situasi yang rumit di Afghanistan, di mana konflik telah menyebabkan kurangnya fasilitas pendukung bagi anak-anak, remaja, dan perempuan untuk berkembang.

“Banyak sekolah tidak memiliki sumber air, dan bangunan fasilitas belajar juga tidak memadai. Terlebih fasilitas perpustakaan dan olahraga yang belum tersedia untuk tumbuh kembang sumber daya manusia yang optimal,” ungkapnya.

Pertemuan tersebut kemudian diakhiri dengan komitmen bersama untuk kerja sama lintas masyarakat, lintas agama, dan lintas bangsa. Agenda ini juga melibatkan perwakilan dari PP 'Aisyiyah dan Nasyiatul Aisyiyah, Lembaga Resiliensi Bencana (LRB), dan Majelis Diktilitbang.

Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan artikel berjudul Komitmen Muhammadiyah Menjaga Perdamaian Dunia Diapresiasi Organisasi Perempuan Internasional

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here