News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Momentum 77 Tahun RI untuk Mandiri Sepenuhnya

YOGYAKARTA — Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2022 telah memasuki usianya yang ke-77 tahun. Hari Kemerdekaan pada tahun ini mengusung tema: “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, dimaksudkan sebagai semangat negeri untuk bangkit di fase transisi di era pandemi covid-19.

Tentunya, hal ini patut disyukuri oleh seluruh masyarakat Indonesia serta harus diisi dengan hal-hal yang positif, seperti yang dikatakan oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, Gita Danu Pranata. Saat ditemui di Gedung Dakwah Muhammadiyah DIY, Rabu (17/8), Gita mengajak kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa evaluasi makna kemerdekaan, yang merupakan kebalikan kata dari dijajah, dikendalikan, dan dipasa oleh pihak lain.

Menurutnya juga, secara konstitusi Indonesia sudah merdeka, namun melihat aspek-aspek lainnya yang dirasa belum bisa mandiri, artinya negeri ini masih belum merdeka, salah satunya dari bidang ekonomi. Diakui oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY ini, Indonesia masih sangat tergantung dan tidak bisa melakukan kegiatan yang dapat menunjukkan jatidiri sebuah bangsa, negara, masyarakat yang merdeka dari bidang ekonomi serta masih dikendalikan oleh oligarki.

“Maka, saya sangat berharap, kepada pemimpin negeri ini untuk membuat kebijakan yang dapat mempercepat kemandirian bidang ekonomi. Selain itu, kita sebagai warga bangsa juga harus dapat memposisikan diri sebagai orang-orang yang mandiri,” ujarnya.

Adapun, secara potensi dan sumberdaya, sangat mungkin bagi warga dan bangsa Indonesia agar dapat mandiri sepenuhnya. Tentunya, hal tersebut memerlukan semangat, perjuangan, pengorbanan, dan kemauan yang sungguh-sungguh untuk bisa merdeka dan mandiri.

Maka dari itu, Gita sangat berharap seluruh warga, termasuk di Persyarikatan Muhammadiyah, agar menjadi pribadi, organisasi, dan amal usaha yang mandiri. Bahkan, kemandirian telah dicontohkan langsung oleh Muhammadiyah, yang sudah bisa mencukupi berbagai kebutuhannya sendiri sehingga tidak lagi tergantung pada orang lain dan tidak dikendalikan oleh pihak manapun.

“Secara institusi, saya melihat Muhammadiyah telah menjadi contoh organisasi yang mandiri dan independen. Artinya, tidak bisa dikendalikan atau disetir, tetap istiqomah dan lurus dari visi – misi yang diinginkan,” jelas Gita.

Pada momentum Hari Kemerdekaan ini juga , Gita berpesan kepada para pemimpin di negeri ini agar memegang amanah dari rakyat dengan sebaik – baiknya, apa yang diembannya adalah bagian dari upaya untuk melayani rakyat, serta untuk membawa bangsa dan negara ini lebih maju dan baik. Kemerdekaan adalah momen untuk selalu berupaya semakin mandiri dan bisa menunjukkan jatidiri bangsa yang tidak bergantung pada pihak lain.

“Selamat Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, semoga tema/tagline ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’ dapat segera terwujud dan semoga Allah swt selalu melimpahkan karunia-Nya untuk bangsa dan negara ini,” harap Gita. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here