YOGYAKARTA - Dalam rangka Semarak Pengurangan Resiko Bencana (PRB), Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) PP Muhammadiyah mendorong Perguruan Tinggi Muhammadiyah-’Aisyiyah (PTMA) untuk melaksanakan Catur Darma dalam bidang kebencanaan.

Arif Nukholis, Sekretaris LRB atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah, menegaskan bahwa keterlibatan PTMA dalam pembentukan relawan bencana adalah mandat dari Catur Darma perguruan tinggi.

"Organisasi relawan kampus harus sejalan dengan misi yang dibawa oleh perguruan tinggi," kata Arif dalam BIMTEK Disaster Management Planning pada tanggal 3 Oktober, yang merupakan program kolaborasi antara LRB dengan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah.

Selanjutnya, mandat Tri Dharma dan Catur Dharma PTMA berkaitan erat dengan Kampus Tangguh Bencana, termasuk pengabdian masyarakat, riset, pembelajaran, dan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK).

Relevansi kerelawanan ini dapat diamati di setiap bidang, termasuk riset yang mendukung pengembangan praktik kebencanaan berdasarkan ontologi keilmuan yang ada di Fakultas Universitas Muhammadiyah Kendari. Ini bisa menjadi kontribusi penting dalam pengembangan kampus.

“Setelah itu kita baru bisa memetakan relevansinya seperti apa, antara mandat PTMA dengan realisasi Kampus Tangguh Bencana. Ini bisa menjadi pengembangan bagi kampus,” tambah Arif. 

Perlu diingat bahwa kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) "Disaster Management Planning" telah dimulai sejak 26 September 2023, dan ini merupakan bagian terakhir dari serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menjelaskan regulasi pembentukan satuan tugas (task force) dan materi-materi kebencanaan untuk meningkatkan kapasitas di Universitas Muhammadiyah Kendari ke depannya.

Universitas Muhammadiyah Kendari sebagai tuan rumah sangat mendukung agenda ini sebagai upaya pengembangan kampus dalam bidang kebencanaan. Peserta kegiatan terdiri dari 20 orang perwakilan Organisasi Otonomi Muhammadiyah (ORTOM), dosen, dan mahasiswa.



Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan artikel berjudul Mandat Catur Darma, MDMC Dorong Kampus Muhammadiyah Tangguh Bencana melalui Pembentukan Relawan