News

News

MediaMU.COM

Apr 30, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno

MDMC Bentuk Relawan Guna Dorong Kampus PTMA Laksanakan Catur Darma Bidang Kebencanaan

YOGYAKARTA - Dalam rangka Semarak Pengurangan Resiko Bencana (PRB), Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) PP Muhammadiyah mendorong Perguruan Tinggi Muhammadiyah-’Aisyiyah (PTMA) untuk melaksanakan Catur Darma dalam bidang kebencanaan.

Arif Nukholis, Sekretaris LRB atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah, menegaskan bahwa keterlibatan PTMA dalam pembentukan relawan bencana adalah mandat dari Catur Darma perguruan tinggi.

"Organisasi relawan kampus harus sejalan dengan misi yang dibawa oleh perguruan tinggi," kata Arif dalam BIMTEK Disaster Management Planning pada tanggal 3 Oktober, yang merupakan program kolaborasi antara LRB dengan Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah.

Selanjutnya, mandat Tri Dharma dan Catur Dharma PTMA berkaitan erat dengan Kampus Tangguh Bencana, termasuk pengabdian masyarakat, riset, pembelajaran, dan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK).

Relevansi kerelawanan ini dapat diamati di setiap bidang, termasuk riset yang mendukung pengembangan praktik kebencanaan berdasarkan ontologi keilmuan yang ada di Fakultas Universitas Muhammadiyah Kendari. Ini bisa menjadi kontribusi penting dalam pengembangan kampus.

“Setelah itu kita baru bisa memetakan relevansinya seperti apa, antara mandat PTMA dengan realisasi Kampus Tangguh Bencana. Ini bisa menjadi pengembangan bagi kampus,” tambah Arif. 

Perlu diingat bahwa kegiatan Bimbingan Teknis (BIMTEK) "Disaster Management Planning" telah dimulai sejak 26 September 2023, dan ini merupakan bagian terakhir dari serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menjelaskan regulasi pembentukan satuan tugas (task force) dan materi-materi kebencanaan untuk meningkatkan kapasitas di Universitas Muhammadiyah Kendari ke depannya.

Universitas Muhammadiyah Kendari sebagai tuan rumah sangat mendukung agenda ini sebagai upaya pengembangan kampus dalam bidang kebencanaan. Peserta kegiatan terdiri dari 20 orang perwakilan Organisasi Otonomi Muhammadiyah (ORTOM), dosen, dan mahasiswa.



Berita ini disadur mediamu.com dari muhammadiyah.or.id dengan artikel berjudul Mandat Catur Darma, MDMC Dorong Kampus Muhammadiyah Tangguh Bencana melalui Pembentukan Relawan

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here