News

News

MediaMU.COM

May 6, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Manusia Bayangan Tuhan di Bumi

YOGYAKARTA — Jika Tuhan mencipta, manusia juga berkarya. Sebab hakikatnya, manusia itu bayangan Tuhan di muka bumi. Maka sejatinya, manusia ingin terus memproduksi karya, mencipta berbagai aplikasi untuk kelangsungan media sosialnya. Bagaimana jika postingan yang disebarkan bernuansa menggugah selera makan? Apakah konten-konten yang diproduksi dalam dunia entertain atau hiburan selama bulan suci Ramadhan dapat menjadi penyebab batalnya puasa kita?

Beberapa persoalan menarik tersebut dikemukakan pemirsa Sobat Rakosa FM kepada narasumber Dr. H. Robby Habiba Abror, S.Ag. M.Hum., Ketua MPI PWM DIY dan Wakil Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pada acara “Ngaji Sore Ramadhan” bertema “Bijak dan Cerdas Bermedia Sosial” yang diinisiasi Lazismu DIY bertempat di Radio Rakosa FM Caturtunggal, Sleman, Rabu 21 April 2021.

Menurut Robby, tak dipungkiri bahwa media sosial telah melekat dalam diri setiap orang. Tiap orang dapat berinteraksi sosial di dunia maya dengan sesamanya, jamaahnya, dan juga orang lain di luar komunitasnya. Pikiran dapat bertindak bebas sesuai minat pemilik gawai atau gadget. Pikiran yang dituangkan dalam kemasan produk-produk yang sedang dijualbelikan, sejauh tidak menggiring hawa nafsu kepada kemaksiatan, dapat dibolehkan.

Kebebasan yang ditawarkan media sosial, sebenarnya seperti pedang bermata dua, yaitu memberikan banyak alternatif sekaligus mengurung jiwa. Bagaimana ini bisa terjadi? Jiwa punya hak untuk merenungi ciptaan Allah SWT dalam kedalaman hati dan lurusnya pikiran. Tetapi kesadaran ilahiah kadangkala dikalahkan kepentingan duniawi yang menggiring jiwa-jiwa yang mencari spirit transcendental tersebut dalam daya tarik duniawi yang tak pernah selesai.

Robby mengingatkan bahwa tanpa nalar kritis dan literasi iman yang kukuh, seseorang dapat terjebak dalam banyak bentuk kepalsuan dan sikap ketagihan yang tak terelakkan. Media sosial membuat apapun yang diproduksi menjadi tak bermakna, setidaknya keadaan simplifikasi atas rasa empati dan simpati direduksi hanya dalam simbol-simbol sesaat. Kepentingan ekonomi politik individu menjadi lebih dominan di atas nilai-nilai agama dan kemanusiaan.

“Media sosial tak dapat ditampik keberadaannya. Ini menuntut setiap orang untuk bijak dan cerdas dalam hidup di dunianya yang baru itu,” imbuhnya. (hr)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here