News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

LPP dan LP UMKM PWM DIY Adakan Sarasehan Bersama, Bahas Ekonomi Pesantren Mandiri

YOGYA - Lembaga Pengembangan Pesantren (LP2) berkolaborasi dan bersinergi dengan Lembaga Pengembang UMKM PWM DIY mengadakan sarasehan kemandirian ekonomi pesantren.

Sarasehan diawali dengan pengantar oleh ketua LP2 PWM DIY ust Agus Saeful Bahri yang menyampaikan bahwa pesantren di Muhammadiyah memiliki karakteristik yang tidak dimiliki oleh yang lain. Salah satunya adalah pesantren Siti Khatidjah yang dimiliki oleh SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

Agus kemudian juga menegaskan bahwa pesantren Muhammadiyah harus bisa mandiri dengan berwirausaha, tentunya dengan melihat karakteristik yang dimiliki oleh masing-masing pesantren.

Sarasehan dilanjutkan dengan sambutan ketua LP UMKM PWM DIY, Farid Ma'ruf, yang menyampaikan bahwa kemandirian ekonomi menjadi suatu hal yang tak dapat dipungkiri lagi pada era saat ini. Farid menambahkan saat ini hampir semua amal usaha di lingkungan Muhammadiyah memiliki unit usaha atau unit bisnis. Ada yang sudah dikelola secara profesional tetapi masih banyak juga yang masih dikelola hanya sebagai sampingan saja.

Diskusi dilanjutkan dengan paparan dari pemantik, Azhar Nasih Ulwah, founder Nava Group dan Owner Bowllingid. Azhar menyampaikan, bahwa dalam bisnis tak hanya bicara antara omset dan marketing saja, tetapi ada hal yang jauh lebih penting daripada itu. Hal penting itu adalah heartset dan mindset, setelah itu baru skillset.

Menurut Azhar, banyak orang yang punya modal banyak, tapi gak berani untuk berwirausaha. Begitu juga banyak pengusaha yang akhirnya gulung tikar karena tidak siap secara mindset dan mental sebagai wirausaha. Beliau menambahkan lagi bahwa heartset dan mindset itu tak bisa terlepas dari nilai Tauhid kepada sang Maha Pencipta, Allah SWT.

Sarasehan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dari peserta yang hadir yang kemudian dirumuskan dalam sebuah rencana tindak lanjut. Salah satu RTL yang diharapkan adalah pendampingan bagi unit usaha pesantren dan sebagai awalan akan dibuat projek percontohannya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here