News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Lazismu Jateng Tutup Tahun dengan Meraih Lazismu Award

Penerima Lazismu Award di Pembukaan Rakernas Lazismu 2024.Foto: Lazismu Jawa Tengah

PALEMBANG – Lazismu Jawa Tengah menutup akhir tahun dengan gemilang, meraih berbagai penghargaan gelaran dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2024 yang dilaksanakan di Palembang pada Jumat-Sabtu (24-26/11).

Acara ini menjadi platform bagi Lazismu dari seluruh Indonesia untuk berbagi strategi, ide, dan terobosan guna mencapai Sustainable Development Goals (SDGs). Slah satu rangkaian Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lazismu 2024 adalah penyerahan penghargaan tahunan yaitu Lazismu Award.

Lazismu Award diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada capaian dan prestasi yang diraih, baik oleh kantor-kantor Lazismu maupun amil secara perorangan. Penyerahan Lazismu Award dilakukan pada Jumat malam (24/11) mengiringi pembukaan Rakernas yang dihadiri oleh perwakilan Lazismu tingkat wilayah dari berbagai provinsi di Indonesia. 

Proses seleksi untuk memenangkan Lazismu Award dilakukan secara ketat. Para peserta yang merupakan Lazismu tingkat Wilayah terlebih dulu mendaftarkan kategori yang akan diikuti dan disertai dengan berbagai dokumen pendukung.

Dengan adanya Lazismu Award diharapkan dapat terus mendorong para amil untuk melakukan yang terbaik dalam menjalankan kerja untuk persyarikatan.


Ada 6 kategori yang diperebutkan dalam Lazismu Award tahun ini, yaitu Pertumbuhan ZISKA Terbaik, Kreativitas Penghimpunan ZISKA Terbaik, Pendistribusian dan Pendayagunaan Kreatif dan Inovatif Terbaik, Laporan Terbaik, Amil Terbaik, dan Lazismu Terbaik.

Untuk kategori Pendistribusian dan Pendayagunaan Kreatif dan Inovatif Terbaik terbagi menjadi 6 Program Terbaik, yaitu Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Sosial Dakwah, Kemanusiaan, serta Lingkungan.

Dari kategori penghargaan yang diberikan oleh Lazismu Pusat, separuhnya ditambah enam nominator diborong oleh Lazismu Jawa Tengah. Salah satunya pemenang kriteria puncak yakni Lazismu Terbaik Nasional. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Badan Pengurus Lazismu Pusat kepada Ketua Badan Pengurus Lazismu Wilayah Jawa Tengah, Dwi Swasana Ramadhan, S.E., M.SEI., Ak., CertDA

Torehan penghargaan yang diperoleh Lazismu Jawa Tengah pada gelaran Rakernas 2024 ini diantaranya adalah

  1. Lazismu Terbaik Nasional 2023
  2. Pelaporan Keuangan dan Tata Kelola Terbaik
  3. Amil Terbaik yang diraih Ikhwanushoffa selaku Manajer Area Lazismu Jawa Tengah.
  4. Nominator untuk kategori:
    I. Pertumbuhan Ziska Terbaik 
    II. Kreatifitas Penghimpunan ZISKA Terbaik tahun 2023 (Sukses Retail 35 Kab Daerah) serta Pendistribusian dan Pendahayahgunaan yang Kreatif dan Inovatif Terbaik yang meliputi:
    1) Program Pendidikan Terbaik (Bakti Guru); 2) Program Ekonomi Terbaik (Pemberdayaan UMKM); 3) Program Kemanusiaan Terbaik (Gerakan Penanganan Kekeringan Serentak se-Jawa Tengah); dan 4) Program Kesehatan Terbaik (Gerakan Serentak Cegah Stunting)

Ketua Badan Pengurus Lazismu Jawa Tengah yang kerap disapa Rama itu menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan ini.

"Alhamdulillah. Puji Syukur kepada Allah Lazismu Jawa Tengah dibimbing, dimudahkan dalam urusannya mengelola dana zakat, dan mendapatkan prestasi terbaik, " ucapnya dengan syukur. 

Dosen UIN Walisongo tersebut juga menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah atas dukungannya selama ini kepada Lazismu Jawa Tengah, serta kerjasama dan bantuan dari seluruh Lazismu Daerah Se-Jawa Tengah, Kantor Layanan Lazismu Jawa Tengah, Majelis, Lembaga, Organisasi Otonom Muhammadiyah Jawa Tengah sehingga Lazismu Se-Jawa Tengah mendapatkan berbagai penghargaan dari Lazismu Pusat. 

Prestasi yang diraih Lazismu Jawa Tengah adalah semata-mata atas kesungguhan teman-teman Amil di seluruh Jawa Tengah. "Prestasi ini adalah hasil dari kinerja amil Lazismu se-Jawa Tengah, sangat membanggakan dan sekaligus menjadi cambuk untuk para amil Lazismu untuk terus bermuhasabah dalam meningkatkan kinerja," katanya.

Agus Miswanto, S.Ag., M.Ag., Anggota Dewan Pengawas Syariah Lazismu Jateng, menyampaikan keberhasilan ini bersama-sama dengan jajaran Lazismu Jawa Tengah. "Ini bukti nyata dedikasi dan kerja keras kita semua dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemanusiaan di masyarakat," ujarnya.

Ikhwanushoffa selaku Manajer Area Lazismu Jawa Tengah juga menyampaikan Lazismu sejatinya memiliki potensi yang luar biasa. Potensi inilah yang seharusnya dimanfaatkan oleh para amil Lazismu, apakah bisa dimaksimalkan atau malah justru terabaikan.

"Potensi tidak sekadar sumber daya manusia dan infrastruktur yang saat ini kita punyai, tetapi potensi historis bagaimana Kyai Dahlan dahulu membangun ideologi persyarikatan ini dengan luar biasa," tuturnya.

Hal ini pun menurut Ikhwan bukanlah sebuah hambatan, apalagi ancaman. Namun justru menjadi menjadi tantangan dan peluang yang luar biasa. "InsyaAllah kita mampu menghebatkan dan mendahsyatkan Lazismu ini untuk sebesar-besar kemanfaatan bagi mustad'afin," tandas Ikhwanushoffa. (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari Lazismu Wilayah Jawa Tengah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here