News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Inisiasi Family Learning Center, PWNA DIY Gandeng Majelis Tabligh PWM DIY

YOGYA – Fenomena kehidupan keluarga saat ini mendapat perhatian serius Majelis Tabligh PWM DIY dan PW Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA) DIY. Untuk itu, keduanya mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pada Sabtu (17/6) dengan membahas ketahanan keluarga dan remaja di Ruang Pertemuan Gedung Dakwah Muhammadiyah DIY.

Dalam FGD ini, semua peserta menegaskan jika persoalan ketahanan keluarga adalah problem bersama Muhammadiyah, ‘Aisyiyah, dan ortom Angkatan Muda Muhammadiyah.

“Urusan ketahanan keluarga merupakan concern Muhammadiyah. Untuk itu, diharapkan program penguatan ketahanan keluarga dan remaja menjadi pemikiran lintas Majelis/Lembaga dan ortom yang ada di Muhammadiyah,” ujar Wakil Ketua PWM DIY Ridwan Furqoni, M.P.I.

Baik Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah memandang persoalan ketahanan keluarga dan remaja tidak hanya seputar masalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Tetapi juga meliputi tahapan mencari pasangan, pola pengasuhan orangtua, interaksi dalam keluarga, pola komunikasi suami istri, dan lain sebagainya.

“Aisyiyah selama ini sudah menyelenggarakan upaya pelatihan bagi calon pengantin, yang bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai bagaimana membangun keluarga yang baik,” jelas Alfiah Munaryati, S.H. dari Majelis Hukum dan HAM PWA DIY.

Maka dari itu, FGD ini menegaskan perlunya penguatan religiusitas keluarga. Miftahulhaq, S.H.I., M.S.I. selaku Ketua Majelis Tabligh PWM DIY memandang kehidupan religius keluarga yang kondusif akan menumbuhkan kesadaran beragama yang memandu perilaku dan sikap setiap anggota keluarga.

“Nilai-nilai yang ada dalam buku ‘Tuntunan Menuju Keluarga Sakinah’ dapat menjadi rujukan untuk melakukan proses penguatan nilai-nilai religiusitas bagi keluarga-keluarga dari warga Muhammadiyah ‘Aisyiyah,” terang Miftahulhaq.

Ketua PWNA DIY Syahdara Anisa Makruf, M.Pd.I. berharap melalui FGD hari ini menjadi langkah awal untuk mendirikan Family Learning Center (FLC) yang diinisiasi pada periode 2022-2026 ini.

“FGD ini awal dari rencana PWNA untuk mendirikan sekolah ketahanan keluarga dan remaja, yang tidak hanya pada aspek penyelenggaraan pelatihan keluarga muda, tetapi juga dapat menjadi tempat konsultasi dan pendampingan bagi siapa saja yang mengalami persoalan rumah tangga dan anak,” pungkas Syahdara. (*)


Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here