News

News

MediaMU.COM

May 5, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan

Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia

YOGYA - Timnas U-23 Indonesia kembali melanjutkan perjalanannya di Piala Asia U-23 2024 di Qatar. Kali ini, Rizky Ridho dkk akan berjuang menghadapi Korea Selatan di babak perempat final pada Kamis (25/4) di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pukul 20.30 waktu setempat atau hari Jumat (26/4) pukul 00.30 WIB. 

Perjalanan Tim Garuda pada Piala Asia U-23 sungguh luar biasa. Dimana ini adalah pertama kalinya mereka ikut serta dan berada di grup yang sulit bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. Sempat dipermalukan di laga pertama melawan Qatar secara kontroversial, di dua laga berikutnya, Indonesia berhasil mengejutkan jagat sepak bola Asia dengan mengalahkan Australia dan Yordania. 

Dengan pencapaian ini, tentunya Timnas U-23 Indonesia semakin dekat menuju Olimpiade 2024 di Paris. Namun di babak perempat final, anak didik Shin Tae-yong harus melawan Korea Selatan. Jelas ini bukan pertandingan yang mudah, mengingat Korea Selatan adalah juara bertahan dan secara kekuatan jelas unggul jauh dari Indonesia. 

Namun, bukan berarti Timnas U-23 tidak bisa menang. Segala kemungkinan bisa terjadi, selama ada usaha dari pemain serta doa dari seluruh rakyat Indonesia, khususnya warga Muhammadiyah. 

Terlebih, ini pertandingan yang sangat penting. Sebab, jika bisa menang dan maju ke semifinal, maka satu kaki Garuda sudah berada di Olimpiade 2024 dan kalau mampu berada di tiga besar, Garuda dipastikan akan berlaga di Paris. 

Lalu, muncul pertanyaan, apa doa yang tepat untuk memohon kemenangan untuk sesuatu hal? 

Memang secara umum, kita diperbolehkan untuk berdoa untuk memohon sesuatu dan itu adalah perintah dari agama. 

“Secara umum, boleh untuk melakukan itu (doa memohon kemenangan-red) karena sesungguhnya kita berdoa baik untuk yang apa telah terjadi maupun belum terjadi. Maka berdoalah, karena itu perintah dari agama,” jelas Ali Yusuf, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DI Yogyakarta, Kamis (25/4). 

Ali menjelaskan bahwa secara lebih spesifik, tidak ada doa khusus untuk memohon kemenangan di sebuah peristiwa, terutama di sepak bola. Tapi, lanjut Ali, secara umum, kita bisa berdoa untuk diberi kemudahan, seperti doa yang sudah populer berikut ini:

اللهُمَّ لا سَهْلَ إلا مَا جَعَلتَهُ سَهْلا وَ أنتَ تَجْعَلُ الحزْنَ إذا شِئْتَ سَهْلا

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa ‘anta taj-alul hazna idha shi’ta sahla” 

[artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah] (HR. Ibnu Majah dari Anas).

Dari doa atau dalil tersebut, bisa dijelaskan bahwa tidak ada yang bisa memberikan kemudahan, kecuali dari Allah sendiri. 

Termasuk, dalam hal ini terkait dengan Timnas U-23 Indonesia, dimana sebelumnya harus berhadapan dengan tim-tim kuat macam Qatar, Australia, dan Yordania, yang secara teori dan kekuatan jelas unggul.

Namun, bagi Allah tidak ada yang sesuatu yang sulit dan itu dibuktikan oleh Indonesia yang berhasil mengalahkan Australia dan Yordania serta menyulitkan Qatar yang secara kekuatan berada di atas kita. 

“Allah Maha Memberi Kemudahan, maka kalau mau membaca doa itu, bisa saja secara umum. Intinya, berdoa serta juga ikhtiar dari pelatih dan pemain,” ujar Ali. 

Pertandingan di Piala Asia U-23 antara Korea Selatan dan Indonesia pada Jumat dini hari nanti jelas akan disaksikan oleh seluruh rakyat tanah air, terutama warga Muhammadiyah yang sebagiannya adalah pecinta sepak bola. Namun Ali Yusuf juga mengingatkan bahwa masyarakat tetap harus mencintai tanah air, tapi di sisi lain jangan sampai berlebihan. 

Terlebih, pertandingan disiarkan pada pukul 00.30 WIB, sehingga ia mengingatkan untuk tidak mengabaikan waktu shalat.

“Jangan sampai kita menanti kemenangan tapi di satu sisi malah mengabaikan kewajiban yang lainnya, seperti shalat Subuh,” tegas Ali. 

Selain itu, Ali juga berpesan bahwa apapun hasilnya, jika bisa menang maka perlu bersyukur dan jangan sombong apalagi sampai merendahkan yang lain. Begitu juga, ketika hasilnya tidak sesuai harapan, jangan berkecil hati. Terlebih, para pemain masih muda dan bisa diharapkan untuk ajang berikutnya.

Tentunya, kita mengharapkan Timnas U-23 Indonesia bisa memenangkan pertandingan melawan Korea Selatan di babak perempat final. Kalau itu bisa terjadi, maka Tim Garuda akan semakin terbang tinggi di kancah internasional. Mari kita berdoa dan berharap agar Timnas U-23 mendapatkan hasil maksimal. (*) 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here