News

News

MediaMU.COM

May 5, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove

Haedar Nashir: Jaga Orientasi Gerakan Nasyiatul Aisyiyah pada Khittah dan Kepribadian

PONTIANAK - Tanwir 1 Nasyiatul Aisyiyah secara resmi dimulai pada 12-14 Januari 2024 di Pontianak, Kalimantan Barat. Dalam gelaran tersebut, Haedar Nashir, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, memberikan pesan agar Nasyiatul Aisyiyah menempatkan orientasi gerakannya sesuai dengan kepribadian dan khittah.

Melalui siaran daring (12/1), Haedar Nashir menegaskan perlunya Nasyiatul Aisyiyah menjaga kesejatian gerakannya di jalur dakwah kemasyarakatan. Persyarikatan Muhammadiyah, katanya, adalah organisasi dakwah keagamaan dan kemasyarakatan yang bersifat non-politik praktis.

“Jaga marwah organisasi, jaga sistem yang selama ini kokoh. Pakai kepribadian kita dan seluruh ideologi gerakan kita menjadi pembingkai dalam pergerakan kita, supaya kita tetap istikamah di jalur dakwah kemasyarakatan, mencerdaskan, mencerahkan, memajukan kehidupan bangsa di berbagai aspek,” katanya seperti dilansir muhammadiyah.or.id.

Haedar kemudian berpesan, bahwa karena Nasyiatul Aisyiyah bukan organisasi politik, apalagi partai politik, maka perlu berhati-hati agar tidak terlibat dalam politik partai atau menjadi partisan politik demi kepentingan sesaat. Nasyiatul Aisyiyah, lanjutnya, harus menjaga idealisme, menghadapi situasi dengan cara yang taktis dan strategis, serta kontekstual, namun tetap berdasarkan kebenaran, kebaikan, kepantasan, dan nilai-nilai luhur.

Pentingnya menjaga pijakan tersebut, kata Haedar, yang tidak boleh digantikan dengan materi atau posisi yang bersifat duniawi. Meskipun materi dan posisi tersebut dapat bersinar dan menjadi idaman, Haedar mengajak agar perjuangan tidak menjadi terlalu pragmatis atau oportunistik.

Haedar percaya bahwa di bawah kepemimpinan Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah yang cerdas, dan dengan kearifan para anggota Tanwir serta kader Nasyiatul Aisyiyah yang telah terbina dengan baik, sistem gerakan dan ideologi gerakan dapat dijaga, tetapi nilai luhur berbasis pada Islam juga tetap dijunjung.

Walaupun Muhammadiyah memberikan keleluasan bagi kader yang ingin berdiaspora dan berjuang di arena partai politik, Haedar menekankan agar kader tetap mempertahankan nilai-nilai dasar dan prinsip Muhammadiyah yang utama, sehingga di dunia politik mereka tetap memiliki misi dan menjunjung tinggi nilai-nilai yang diyakini.

Wartawan: Fatan Asshidqi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here