News

News

MediaMU.COM

Apr 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024

Forum Ambulanmu DIY Adakan Syawalan dan Kopdar Songsong Muktamar

Foto: Dzikril Firmansyah/mediamu.com

YOGYA – Relawan dan driver Ambulan Muhammadiyah (Ambulanmu) yang tergabung dalam Forum Ambulanmu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan Syawalan, Silaturahmi, dan Kopi Darat Songsong Muktamar 48 Muhammadiyah, Ahad (29/5), di Jogja Expo Center. Acara ini dilaksanakan Forum Ambulanmu PDM Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Majelis Pelayanan Sosial (MPS) PWM DIY.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua PWM DIY Gita Danupranata, Ketua PDM Kota Yogyakarta Akhid Widi Rahmanto, Anggota DPD RI Muhammad Afnan Hadikusumo, Ketua MPS PWM DIY Ridwan Furqoni, dan Ketua Lazismu PWM DIY, Cahyono.

Total sekitar 400 relawan dan driver menghadiri syawalan dan silaturahmi kali ini dengan membawa sekitar 150 armada Ambulanmu. Tidak hanya dari DIY, peserta juga hadir dari provinsi lain, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Kalimantan Tengah.

Ridwan Furqoni menjelaskan, silaturahmi relawan dan driver Ambulanmu sangat positif dan menggembirakan karena dikemas dengan konsep acara lapangan atau “lesehan”. Sehingga, relawan dan driver yang datang bisa menikmati acara tersebut.

Selain itu, silaturahmi seperti ini sangat penting secara psikologis. Dengan bertemu antarrelawan dan driver, bisa berbagi pengalaman satu sama lain.

“Bekerja untuk melayani pasien tentunya melelahkan. Maka dengan diadakan silaturahmi seperti ini, kelelahan yang mereka alami bisa tersampaikan supaya nantinya bisa semangat lagi,” kata Ridwan.

Ridwan juga menyampaikan manajemen ambulan, yang mencakup seluruh standar, mulai dari layanan, sumber daya manusia (SDM), kendaraan, branding, manajemen, pembiayaan.

Ambulanmu adalah sebuah program, sehingga harus dikelola dengan baik. Agar, usaha melayani masyarakat tidak mampu lebih optimal dan menyenangkan sebagaimana citra Muhammadiyah sebagai gerakan Al-Ma’un, menolong orang yang membutuhkan.

“Menolong ini kan perlu dikelola, agar pertolongannya optimal, efektif, dan menyenangkan bagi yang dibantu. Ambulan kita sangat banyak, sampai hari ini ada sekitar 68 titik layanan dan 96 armada, jika tidak dikelola akan jadi tidak karuan,” jelasnya.

Karena itu, Ambulanmu harus dikelola dengan baik agar misi persyarikatan sampai. Bahwa Muhammadiyah betul-betul penolong orang yang membutuhkan secara Islami (baik, ramah, dan menyenangkan). Inilah yang dapat membawa citra Muhammadiyah.

Sementara itu, Gita Danupranata sangat mengapresiasi semangat dan perjuangan para relawan dan driver Ambulanmu, dalam rangka menghidupkan pilar dakwah Muhammadiyah yang kedua, layanan umat sosial. Ia berharap, melalui acara tersebut, relawan dan driver semakin akrab dan aktif berdiskusi atau berbagi pengalaman.

Sehingga, ke depannya masyarakat sangat terbantu, serta pergeseran kesadaran masyarakat juga berubah. Kalau dulu fungsi ambulan untuk mengantar orang sakit dan wafat, sekarang bisa digunakan untuk layanan kesehatan, seperti homecare, orang yang punya penyakit kronis, sakit menahun, dan lain – lain.

“Semoga semakin hari semakin memantapkan diri memberikan pelayanan terbaik kepada umat dan itu adalah karakter dari dakwah Persyarikatan Muhammadiyah,” harap Gita. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here