News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Diksus Relawan ke-2 PPM MBS Prambanan Selesai, LRB PWM DIY Dorong Percepatan SPAB

 SLEMAN - Korps Relawan Muhammadiyah PPM Muhammadiyah Boarding School Putra Sleman, Yogyakarta melaksanakan upacara penutupan Pendidikan Khusus Relawan ke-2 pada Jumat (2/3). Pelaksanakan kegiatan ini merupakan penghujung rangkaian program pelatihan Pendidikan Khusus (DIKSUS) Relawan ke–2 yang sebelumnya telah dilaksanakan pelatihan dalam ruang dan praktikum pada tanggal 5–9 Februari 2024 di komplek Gedung Kelas Putra Terpadu dan komplek SD Muhammadiyah MBS Prambanan. DIKSUS 2 Relawan kali ini didampingi para instruktur dari SAR Muhammadiyah Derah Istimewa Yogyakarta.

Dalam upacara penutupan tersebut hadir sebagai inspektur upacara, Indrayanto (Ketua Lembaga Resiliensi Bencana PWM D.I.Yogyakarta). Pada amanatnya, Indrayanto menyampaikan pesan kepada segenap personel Korps Relawan Muhammadiyah agar selalu mengasah skill yang dimiliki sebagai bekal persiapan untuk mencetak kader-kader Relawan Muhammadiyah.

“Merupakan sebuah kelebihan bahwa Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Sleman memiliki sebuah gerakan relawan berbasis pelajar, dan menjadi satu – satunya sekolah Muhammadiyah yang memiliki gerakan tersebut. Sebagai upaya membentuk ketangguhan komunitas berbasis sekolah/pesantren serta mendorong percepatan program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB),” Kata Indra.

“Korps Relawan Muhammadiyah menjadi potensi MDMC dalam membentuk kader kader persyarikatan yang tangguh, unggul berkemajuan dalam gerakan resiliensi bencana. Pendidikan dan pelatihan menjadi faktor kunci dalam memperkuat Pengurangan Risiko Bencana (PRB),” imbuhnya.

Rangkaian Pendidikan pelatihan Relawan Muhammadiyah di lingkungan Pondok Pesantren MBS di lakukan oleh KRM Pondok Pesantren Modern MBS, kegiatan dilakukan mengambil tema Vertical Rescue dan manajemen kebencanaan, yang di ikuti oleh santri-santri sebagai bagian dari upaya memperkuat Satuan Pendidikan Aman Bencana yang sudah dirintis oleh PPM MBS Prambanan.

Pondok Pesantren Muhammadiyah sebagai bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah dalam bidang pendidikan sangat strategis untuk mewujudkan satuan pendidikan yang aman menghadapi bencana. SPAB merupakan salah program unggulan Lembaga Resiliensi Bencana/MDMC dalam mewujudkan Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Nilai-Nilai Keislaman Berkemajuan.

Hadir juga pada kesempatan kali ini Ketua Lembaga Resiliensi Bencana (LRB) PDM Kabupaten Sleman sekaligus Pembina Utama Korps Relawan Muhammadiyah PPM Muhammadiyah Boarding School Sleman, M. Fauzan Yakhsya, S.Hum. beserta perwakilan SAR Muhammadiyah D.I.Yogyakarta.

Tidak hanya melaksanakan penutupan secara seremonial saja, pada kegiatan ini juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada peserta terbaik program pelatihan DIKSUS Relawan ke – 2 tahun 2024. Muhammad Akmaluddin Roofi, santri kelas 11 IPS 1 yang kesehariannya menjabat sebagai Wakil Ketua I Bidang Pendidikan, Latihan, dan Pembinaan Relawan berhasil mendapatkan penghargaan tersebut dengan perolehan nilai total tertinggi selama masa pelatihan.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here