News

News

MediaMU.COM

May 6, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah

Dadang Kahmad: Iman dan Taqwa Seseorang Dilihat Dari Perilaku Sosialnya

JAKARTA - Dadang Kahmad, Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, menjelaskan bahwa terma iman dan takwa dalam Agama Islam dapat dilihat dari perilaku hubungan sosial atau akhlak sosial seseorang. Hal ini disampaikan pada acara Silaturahmi Idulfitri 1445 H yang diadakan oleh Universitas Dr. Hamka (UHAMKA) pada Senin (22/4).

Menurut Dadang, indikator iman dan takwa dapat ditemukan dalam Al Qur’an dan Hadis Nabi. Seorang muslim yang menjalankan kewajiban seperti salat, puasa, zakat, dan haji dengan tertib, namun memiliki akhlak yang buruk, menunjukkan bahwa indikator keimanannya juga buruk.

Dalam Sabda Nabi Muhammad SAW., disebutkan bahwa seorang muslim yang beriman pada Allah dan hari akhir, memuliakan tamu, memuliakan tetangga, serta berkata baik atau diam, adalah tanda keimanan yang baik.

Hadis Riwayat Bukhari no 13 dan Muslim no 45 juga menyebutkan bahwa keimanan seseorang tidak sempurna jika dia tidak mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri.

Indikator keimanan dan takwa dalam Al Qur’an juga dijelaskan dalam Ali Imran ayat 133 sampai 134. Orang yang berinfak di waktu sempit, mampu menahan amarah, memaafkan, dan mencintai orang yang berbuat baik, adalah contoh indikator keimanan yang baik.

Dadang Kahmad menekankan bahwa muslim yang dapat mencapai indikator tersebut akan disebut sebagai muhsinin atau orang yang luar biasa dalam berbuat baik. Untuk mencapai derajat muhsinin, kunci utamanya adalah pengendalian diri yang maksimal.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here