News

News

MediaMU.COM

May 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji K.H. Harun Abdi Manaf: Banggalah Menjadi Warga Muhammadiyah dan Pegawai AUM Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024

Bertemu PWM DIY, Aktivis Mualaf Harap Muhammadiyah Merawat Komunitas Mualaf

PWM DIY bersama Aktivis Mualaf usai FGD pendirian Mualaf Center Muhammadiyah. Foto: Dok. LDK PWM DIY

YOGYA - Para aktivis mualaf mengunjungi dan bersilaturahim dengan jajaran Lembaga Dakwah Komunitas Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (LDK PWM) D.I. Yogyakarta, Sabtu (27/1). Kedatangan mereka dalam rangka berdiskusi untuk pendirian Mualaf Center Muhammadiyah Yogyakarta

Diskusi ini menghadirkan beberapa narasumber, salah satunya WR Lasiman yang merupakan praktisi kristologi di Yogyakarta. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan betapa pentingnya peran Muhammadiyah dalam mengadvokasi akidah untuk menghadang gerakan pendangkalan akidah.

Oleh karenanya beliau menyambut positif kehadiran LDK dalam menggarap lahan dakwah yang tidak mudah ini. WR Lasiman, yang telah melalang buana dalam bidang kristologi, siap untuk berkolaborasi dalam berdakwah untuk kalangan muallaf ini.

Menurutnya, sebagai gerakan dakwah Islam, Muhammadiyah turut memiliki andil yang besar dalam menjaga dan merawat keimanan bangsa Indonesia dari gerakan pemurtadan.

"Muhammadiyah telah memiliki majelis dan Lembaga yang beraneka ragam untuk memecahkan problematika di masyarakat, namun ada satu bagian yang belum digarap secara komprehensif, yaitu mualaf," ucapnya.

Maka, lanjutnya, dengan hadirnya Lembaga dakwah Komunitas menjadi keharusan bagi Muhammadiyah untuk merawat komunitas mualaf dari berbagai aspek kehidupan melalui kolaborasi antar lembaga dakwah dan majelis/lembaga internal Muhammadiyah. 

Selain WR Lasiman, FGD juga menghadirkan para pemerhati dan aktivis muallaf dari Yayasan Cinta Tauhid, ustadz Arnold al Gonzaga dan ustadz Shalihun dari YAUMU. Kedua aktivis ini menyampaikan kisah dan lika likunya untuk menjadi mualaf serta proses dalam menjalani kehidupan setelah menjadi mualaf.

Mereka menyampaikan bahwa masih banyak mualaf yang sangat menginginkan pendampingan dalam memahami Islam yang rahmatan lil alamin. Maka Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang berkemajuan dan mengembangkan nilai-nilai Islam washatiyah akan mudah diterima oleh para mualaf

Lebih jauh lagi berharap, dari diskusi ini LDK dapat mendirikan rumah Mualaf Center Muhammadiyah untuk ruang konsultasi, pendampingan agama dan juga rumah singgah sementara untuk para mualaf yang terusir dari lingkunganya. (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari Abidin Fuadi Nugroho (Sekretaris LDK PWM DIY) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here