News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Atasi Kekeringan, Lazismu Kotagede Droping Air Bersih di Gunungkidul

GUNUNGKIDUL – Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kotagede melalui Kantor Layanan Lazismu Kotagede melaksanakan pendistribusian air bersih ke wilayah kekeringan di Kepanewon Purwosari dan Kepanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Sabtu (14 Rabiul Awal 1445 H bertepatan 30 September 2023).

 

Kantor Layanan Lazismu Kotagede tidak sendiri dalam melakukan droping air bersih. Ada Ketua 5 PCM Kotagede Pramudya Ananto, Wakil Bendahara PCM Kotagede Barjiyanto, Perwakilan Ambulanmu Kotagede Nur Zaman, yang turut mendampingi staf Lazismu Kotagede yang terdiri dari Muhammad Arsyad, Andi Budi, Sukasman, M. Kholid Mawardi dan Ahmad Amiruddin Priyatmaja.

 

Droping air bersih ini direncanakan bisa menghimpun 75 total tangki air bersih yang siap edar di masyarakat di Kepanewon Purwosari dan Kepanewon Panggang dalam waktu beberapa pekan ke depan.

 

Dalam sambutannya, Arsyad selaku pemerhati dan penasehat Kantor Layanan (KL) Lazismu Kotagede dalam agenda droping air di Kepanewon Purwosari dan Kepanewon Panggang menyampaikan pesan moral dan harapan sekaligus mengadakan serah-terima amanah dari para donatur Kotagede atas asas kemanusiaan dan persaudaraan kepada masyarakat Kepanewon Purwosari dan Kepanewon Panggang.

 

Diterima langsung oleh Rungki selaku Ketua PCM Purwosari, KL Lazismu Kotagede langsung meninjau tempat terjadinya kekeringan di Kepanewon Purwosari. Alhasil terdapat beberapa titik yang sudah mengalami penyusutan bantuan droping air pada pekan terakhir bulan September, sehingga tampungan air masyarakat sudah mencapai titik terendah dari jumlah debit air dalam tandon atau tempat penyimpanan air.

 

“Insyaallah lokasi sasaran droping air KL Lazismu Kotagede ini akan diarahkan pada Kelurahan Giripurwo dan Kelurahan Giricahyo yang berada pada bagian selatan Kepanewon Purwosari," jelas  Rungki.

 

Kegiatan droping air kembali dilanjutkan dengan mengunjungi Kepanewon Panggang. Berdasarkan keterangan Heri sebagai perwakilan Lazismu Panggang, dalam mengatasi kekeringan di daerah Panggang, masyarakat dusun sudah memiliki relawan yang siap melaporkan keadaan ter-update di setiap waktunya.

 

"Biasanya, yang menjadi titik rawan (paling membutuhkan air) di wilayah Panggang adalah pada bagian sentral kegiatan seperti instansi-instansi, mulai dari masjid, sekolah hingga balai masyarakat," Heri menambahkan.

 

Maka, dengan adanya ujian kekeringan kemarau ini, semua pihak termasuk Pimpinan Cabang Muhammadiyah dengan KL Lazismu-nya, seluruh AUM Kotagede beserta para donatur diharapkan selalu bersinergi dengan semua elemen Muhammadiyah Kotagede, tujuannya tak lain adalah agar tercipta rasa kekeluargaan dan tumbuh rasa kasih sayang terhadap sesama.

 

Berkenaan dengan hal tersebut, Kantor Layanan Lazismu Kotagede terus mengajak kepada para mitra, donatur dan para dermawan untuk mengambil aksi nyata dengan turut berkontribusi menyalurkan donasi sedekah air bersih untuk para saudara di pelosok desa yang mengalami kekeringan. “Semoga air bersih yang disalurkan, banyak memberikan kebermanfaatan untuk masyarakat yang membutuhkan,” harap Andi mengakhiri sambutannya di Gedung Dakwah Muhammadiyah Panggang.

 

Berita diterima Mediamu dari Amiruddin (MPI PCM Kotagede)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here