News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Amalan yang Disyariatkan di Bulan Dzulhijjah

Materi pengajian yang disampaikan Rulan Fariadi afifatur rasyidah/mediamu.com

YOGYAKARTA — Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan “Konsolidasi Organisasi, Penguatan Ideologi Muhammadiyah” dengan tema “Amaliyah di Bulan Dzulhijjah Menurut Tuntunan Rasulullah saw di Saat Pandemi Covid-19”. Acara ini dilaksanakan secara daring, Jum’at (2/7).

Konsolidasi ini diikuti lebih dari 250 peserta, antara lain Majelis dan Lembaga di lingkungan PWM DIY, mediamu.com, Pimpinan Daerah Muhammadiyah se DIY, Pimpinan Ranting Muhammadiyah, pengurus ortom, dan kader-kader Muhammadiyah. Acara berlangsung lancaar dengan moderator Nurul Satria Abdi, S.H., M.H, (Sekretaris Majelis Tabligh PWM DIY).

Diawali kata sambutan oleh Ketua PWM DIY, H. Gita Danu Pranata, S.E. M.M., kemudian dilanjutkan dengan materi disampaikan Ruslan Fariadi, S.Ag., M.S.I. (Sekretaris Divisi Kaderisasi dan Organisasi Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah).

Ruslan Fariadi menyampaikan amalan-amalan masyru’ (disyariatkan) dalam Bulan Dzulhijjah merujuk pada Al Qur’an dan Al Hadits. Amalan tersebut adalah melaksanakan ibadah haji dan umroh, berpuasa pada hari Arafah, memperbanyak takbir tahmid dan tahlil, memperbanyak amal sholih, meninggalkan kemaksiatan, melaksanakan rangkaian shalat ‘Idul Adha, dan ikut melaksanakan qurban.

“Pada masa pandemi Covid-19 ini pelaksanaan haji dan umroh sesuai kebijakan pemerintah. Sikap Muhammadiyah thouan au karhan (suka atau tidak suka), tentu mengikuti kebijakan. Kita tidak bisa berangkat haji ketika regulasidan tidak mengizinkan. Secara fi’liyah pelaksanaan ibadah haji dan umroh tidak bisa dilaksanakan pada musim kedua di era pandemi ini,” kata Ruslan.

Tetapi secara substansial ada amalan-amalan yang mencerminkan manasik haji. Antara lain, ketertundukan pada syariat agama, ketaatan terhadap Allah swt untuk melaksanakan tuntunan yang diwajibkan maupun disunahkan. “Nah itu yang bisa kita lakukan secara maksimal,” tambahnya.

Salah satu problematika Qurban pada masa pandemi covid-19 ini adalah pelaksanaannya. Solusi yang ditawarkan Muhammadiyah adalah mengalihkan dana Qurban untuk masyarakat yang terpapar covid-19 yang bisa disalurkan melalui Lazismu, melaksanakan penyembelihan melalui Rumah Pemotongan Hewan (RPH), menyembelih dengan panitia yang terbatas dan ketat protokol kesehatan, menyalurkan kepada Lazismu dalam bentuk qurban kemasan kaleng.

Pada hari raya ‘Idul Adha warga Muhammadiyah diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan surat edaran PWM. Selain mematuhi protokol 5M, masyarakat juga dianjurkan untuk memaksimalkan ikhtiar (usaha), ihtiyath (berhati-hati), dan ihtimam (peduli).

“Dalam rangka hifdzu nafs (menjaga diri), dan seluruhnya lijalbil masholih (untuk merealisasikan kemaslahatan bersama). ‘Idul Adha ini bukan karena sunnahnya, tapi agama memberikan kita rukhsoh (keringanan) disaat ‘azimah tidak dapat dilakukan,” jelas Ruslan. (*)


Wartawan: Afifatur Rasyidah I.N.A
Editor: Sucipto

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here