News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Adi Hidayat Uraikan Ciri Seorang Ulul Albab, Salah Satunya Berperan untuk Masyarakat

YOGYA - Kuatnya iman seorang muslim dibuktikan dengan penggunaan akal pikirannya untuk masuk dalam golongan Ulul Albab. Hal ini bahkan diajarkan langsung oleh Rasulullah Saw. dalam kebiasaannya sehabis subuh membaca ayat Q.S. Ali Imran tentang tanda-tanda orang yang berakal.

Pentingnya menjadi golongan Ulul Albab ini dijelaskan oleh Dr. (HC) Adi Hidayat, Lc., M.A. dalam acara Gerakan Sholat Subuh Berjamaah dan Tabligh Akbar di masjid K.H. Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Minggu (12/11). 

Bagi Adi, ciri seorang Ulul Albab berarti juga memahami esensi dari kehidupan dan kematian, yang juga sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an di surat yang sama. Selain itu pribadi seorang Ulul Albab adalah dapat berperan dan menemukan solusi dari setiap permasalahan.

“Itulah seorang ulul albab, yang dapat berperan sebagai seorang yang solutif dan mengerti esensi dari setiap peristiwa,” terang Adi.

Wakil ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah itu juga menerangkan bahwa seorang Ulul Albab sudah memiliki visi kehidupan yang panjang semenjak bangun tidur. Visi itu bukan hanya tebatas pada dirinya, tapi melebarkan ke masyarakat hingga bisa sedemikian mungkin berdampak. Adi mengistilahkanya sebagai “kurikulum kehidupan.

“Ini juga sebagai praktik keimanan kita dalam aktivitas kehidupan sehari-hari. Orang beriman, setelah ia bangun tidur sudah memiliki kurikulum kehidupan yang visioner bahkan hingga kehidupan akhirat, tidak hanya kehidupan dunia,” jelasnya.

Kekuatan iman seorang Ulul Albab, menurut Adi juga tercermin dari terlatihnya kedisiplinan dan keteraturan. Iman yang terimplementasikan dengan nilai-nilai tersebut dapat dicapai melalui pendekatan agama dan bimbingan dari Al-Qur’an dan hadits yang terverifikasi.

Kepada jamaah yang kebanyakan adalah civitas akademika UMY, Adi berpesan agar menyiapkan diri menjadi seorang Ulul Albab sekarang. Persiapan itu agar nantinya tidak gagap dalam berperan di masyarakat umum.

“Jangan sampai anda, sebagai mahasiswa di universitas setelah lulus nanti tidak punya atau tidak bisa mengeksekusi ide dan gagasan. Persiapkan dari sekarang, apa yang dapat menjadi solusi untuk permasalahan di daerah masing-masing, di negara, dan di dunia,” pungkas Adi.

Berita ini disadur mediamu.com dari umy.ac.id dengan artikel berjudul Pentingnya Menjadi Ulul Albab, Adi Hidayat Jelaskan Tanda Orang Yang Berakal

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here