News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

48 Anak Panah Terbaik Muhammadiyah Dilesatkan ke Arena Muktamar

YOGYAKARTA Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, yang merupakan sekolah kader persyarikatan Muhammadiyah mempunyai cara sendiri dalam menyemarakan dan memeriahkan perhelatan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 yang diselenggarakan di Surakarta, pada tanggal 18 – 20 November 2022 mendatang.

Sebanyak 48 siswa yang mewakili 1.700 siswa Mu’allimin dilesatkan menuju arena Muktamar dengan melakukan Long March dari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menuju Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), yang menjadi tempat sidang Muktamar Muhammadiyah ke-48.

Perjalanan Long March ditempuh selama 3 hari 2 malam dimulai dari tanggal 10-12 November 2022, dengan jarak tempuh 65 km. Sebelum melakukan perjalanan, para kader dilepas oleh Direktur Mu’allimin, H. Aly Aulia, Lc., M.Hum.

Dalam amanatnya Aly menyampaikan, jika mereka (48 siswa Muallimin) adalah kader muhammadiyah untuk masa yang akan datang.

“Perjalanan yang kalian lakukan ini bukan hanya sebagai hijrah makaniyah (perpindahan tempat) yang memindahkan kalian dari Jogja ke Solo, tapi perjalanan yang kalian lakukan ini harus diartikan sebagai hijrah dalam definisi berpikir, hijrah dalam definisi beramal dan hijrah dalam definisi beramar ma’ruf nahi mungkar,” ujarnya.

Prosesi pelepasan 48 kader terbaik  Mu’allimin diawali dengan seremoni penyerahan bendera Muhammadiyah dan bendera Muktamar yang akan dibawa dari Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta menuju arena Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Edutorium UMS. Selanjutnya akan diserahkan kepada Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Ketua Muktamar Muhammadiyah ke-48.

“Amanah dalam rangka mengibarkan bendera  Muhammadiyah dan bendera Muktamar memiliki misi membawa kemaslahatan bagi umat. Setiap langkah kalian adalah langkah tahmid, takbir dan istighfar dalam rangka menengakkan tauhidullah.” terang Aly.

Di akhir amanatnya, ia menyampaikan bahwa 48 siswa membuktikan bahwa perjalanan yang di oleh mereka merupakan langkah nyata sebagai simbol berilmu amaliah, “yang senantiasa menumbuhkan jiwa tajdid untuk melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik,” kata Aly.

Tepat pukul 19.30 WIB, 48 anak panah berangkat melaksanakan amanah Long March membawa simbol-simbol Muhammadiyah. Perjalanan ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari pahlawan dan kelak akan menjadi sejarah dari proses perkaderan bagi seluruh anak panah Muhammadiyah di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.

“Semoga Allah memberikan kelancaran, kesehatan dan keselamatan bagi ananda sekalian,” tutup Aly sambil menyatakan bahwa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta siap untuk menyambut Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here