News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

1347 Siswa BTHQ Muhammadiyah Sleman Diwisuda, Wakil Ketua PDM: Penuhi Syarat Menjadi Capres

Wisuda Akbar BTHQ SMP Muhammadiyah Sleman. Foto: Dzikril Firmansyah / Mediamu

SLEMAN - Ribuan siswa peserta BTHQ (Baca Tulis Hafal Qur’an) SMP Muhammadiyah se-Sleman mengikuti prosesi Wisuda Akbar pada Sabtu (6/1). Berlangsung di Gedung Pertunjukkan FBSB Universitas Negeri Yogyakarta, acara mengusung tema “Jadikan Al-Qur’an sebagai Teman Syiarkan Sekolah Berkemajuan.”

Acara ini dihadiri oleh Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo, Majelis Dikdasmen PNF PWM DIY, Jajaran PDM Kabupaten Sleman, segenap Majelis Dikdasmen PNF PDM Sleman, BKS SMP Muhammadiyah Sleman, Kepala SMP Muhammadiyah se-Sleman, dan tamu undangan lainnya. 

Pada Wisuda Akbar kali ini, ada 1347 siswa yang telah menyelesaikan proses belajar BTHQ di sekolahnya masing-masing. Meski sudah diwisuda, tentunya proses belajar ini akan terus berlanjut dan tak akan berhenti sampai akhir hayat.

Untuk itu, apresiasi setinggi-tingginya dihaturkan kepada segenap pihak yang telah mengantarkan siswa-siswi berhasil diwisuda kali ini. 

“Atas nama PDM Sleman apresiasi setinggi tingginya kepada Majelis Dikdasmen PNF PDM Sleman, BKS SMP Muhammadiyah Sleman, kepala sekolah, dan guru yang sudah berhasil mengantarkan anak-anak wisuda,” ucap Wakil Ketua PDM Sleman Drs. Abdul Kasri.

Dalam sambutannya, Kasri mengatakan jika wisuda ini menunjukkan salah satu upaya PDM Sleman dalam mengembangkan sekolah menjadi unggul dan berprestasi untuk bisa tercapai tujuan Muhammadiyah. 

Selain itu, Kasri menilai jika inilah yang dibutuhkan bangsa Indonesia, yakni anak - anak yang mampu membaca, menghafalkan, dan mengamalkan Al Quran. Bahkan, Kasri tak ragu menyebut jika para siswa ini sudah memenuhi syarat menjadi Presiden RI.

“Dengan diwisudanya anak-anak sekalian, seandainya mendaftar jadi caleg dan capres cawapres sudah terpenuhi. Karena salah satu syaratnya bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Hanya umurnya masih belum terpenuhi, tapi insya Allah kalian akan jadi pemimpin yang akan berperan di masa mendatang,” ujar Kasri.

BTHQ ini adalah program unggulan di PDM Sleman untuk ISMUBA dalam hal literasi Al Quran. Sebagaimana Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Muhammad SAW yang pertama adalah literasi atau Iqra’ saat di Gua Hira, untuk itulah bagi siswa kelas 7 yang baru masuk SMP, meningkatkan kemampuan literasi baca Al Quran itu harus diutamakan. 

Maka, diharapkan para siswa baru dalam satu semester sudah tuntas baca Al Quran, mulai dari tahap iqro’, lalu bagi yang sudah bisa iqro’ langsung ke tahap Al Quran, dan yang sudah lancar bacaannya bisa ke tahap tahfidz untuk menghafal Al Quran. 

“BTHQ adalah program utamanya dari ismuba, kita selenggarakan ini secara bersama-sama dalam rangka untuk saling memotivasi sekolah siswa agar keinginan untuk menghafal Quran itu tinggi,” kata Ketua Majelis Dikdasmen PNF PDM Sleman H. Surakhmad, S.Pd.

Bahkan, dipilihnya tempat-tempat mewah, salah satunya Gedung Pertunjukan FBSB UNY juga bagian dari motivasi biar siswa ada keinginan untuk belajar lebih lebih giat lagi.

"Meskipun, hanya lulus iqro’, itu bagian dari prestasi dan tentunya akan diberikan apresiasi, termasuk disediakan tempat yang mewah," tambahnya.

Untuk semester depan, Majelis Dikdasmen Sleman mencanangkan semua sekolah harus mengusahakan semua siswanya bisa membaca Al Quran. Dengan demikian, diharapkan siswa akan memahami Islam dengan utuh dengan kesenangan membaca Al Quran dan kitab-kitab yang lain. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here