News

News

MediaMU.COM

May 5, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan

Tanwir V Pra – Muktamar XIV Nasyiatul ‘Aisyiyah Hasilkan 27 Calon Anggota

Ketua Umum PP Nasyiatul 'Aisyiyah Diyah Puspitarini menyerahkan cinderamata kepada Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti dalam pembukaan Tanwir V. Sumber: PP Muhammadiyah

BANDUNG – Tanwir V Pra – Muktamar mengawali rangkaian agenda Muktamar XIV Nasyiatul ‘Aisyiyah, hari Jumat (2/11), di Hotel Asrilia, Bandung. Pembukaan Tanwir dihadiri oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Wakil Menteri Kepala ATRBPN, Raja Juli Antoni, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Jawa Barat, serta perwakilan kader Nasyiah seluruh Indonesia dan segenap tamu undangan lainnya yang ikut hadir.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah (PPNA), Diyah Puspitarini mengatakan Tanwir V ini merupakan sejarah untuk pertama kalinya. Hal ini mengingat dunia dilanda Covid-19 dan angka kasus positif sedang melonjak saat itu, sehingga membuat semua aktivitas, termasuk agenda Nasyiah ikut tersendat.

Pandemi Covid-19 juga menyebabkan adanya perpanjangan masa kepemimpinan periode yang awalnya berakhir di tahun 2020 menjadi 2022.

“Dua tahun tambahan menjadi momentum untuk Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah, daerah, cabang dan ranting, termasuk Pimpinan Pusat untuk menyempurnakan program,” ucap Diyah.

Ia juga menambahkan bahwa perpanjangan masa jabatan ini adalah bukti pengkhidmatan NA untuk menyelamatkan jiwa-jiwa kader, maupun manusia dan kemanusiaan secara luas.

“Pandemi bukan alasan berhenti, termasuk alasan berhenti untuk menolong sesama. Peran keumatan dan kebangsaan tersebut masih dalam garis-garis haluan organisasi,” tegasnya.

Selanjutnya, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti dalam amanatnya menyampaikan selamat kepada PPNA atas diselenggarakannya Tanwir V sekaligus Muktamar XIV. Mu’ti menilai forum ini menjadi wadah silaturahmi bagi kader-kader muda perempuan berkemajuan yang lama terpisah akibat pandemi Covid-19

Mengacu pada berdirinya Nasyiatul ‘Aisyiyah sekitar 1930 an, tambah Mu’ti, kehadiran Nasyiah adalah sebagai suluh untuk mencerdaskan dan memajukan kelompok perempuan. Merujuk pada lagu mars Nasyiatul ‘Aisyiyah, perempuan tidak boleh menjadi kelompok tertinggal dan harus maju dengan kunci pendidikan.

Memaknai kalimat Al Birru Manittaqa, yang diambil dari Surat Al Baqarah ayat 189, telah menggambarkan Nasyiatul ‘Aisyiyah selain menjadi generasi yang terdidik dan tercerahkan, tetapi juga sekaligus tetap menjadi generasi yang shalih dan taat menjalankan agamanya.

“Kita melihat religiusitas itu harus tetap tertanam di setiap diri Nasyiah, dan dalam organisasi Nasyiah itu,” ucapnya.

Dalam forum Tanwir V ini, 203 peserta telah melakukan pemilihan untuk mengerucutkan jumlah calon anggota tetap Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah, yang semula 67 menjadi 27 calon.

Berikut daftar calon anggota Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah periode 2022 – 2026:

  1. Ariati Dina Puspitasari (183 suara)
  2. Husnul Khotimah (176)
  3. Monica Subastia (173)
  4. Faizah (169)
  5. Subekti (164)
  6. Erna Widiyaningrum (160)
  7. Nur Wahidatul Muflihah (156)
  8. Oom Komariah (156)
  9. Annisa Nur Fitriana (152)
  10. Risni Julaeni Yuhan (152)
  11. Uswatun Hasanah (152)
  12. Nunung Damayanti (150)
  13. Lia Karisma Saraswati (148)
  14. Rifa’atul Mahmudah (148)
  15. Ni’matul Azizah (146)
  16. Hanifah Kasih Surahman (139)
  17. Rinrin Marlia Azhary (138)
  18. Nur Arina Hidayati (137)
  19. Hanif Mu’allifah (134)
  20. Sumarni Sulistiawati (134)
  21. Jirhas Ranie Artika (131)
  22. Maharina Novia Zahro (130)
  23. Dwi Setyowati (129)
  24. Kharisatun Rosyidah (124)
  25. Fauziah Mona Atalina (120)
  26. Yanu Milanti (119)
  27. Nabila Amalia (91)

(*)
Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here