News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

PWM DIY Resmikan Pendopo Jamhari

Abunda Farouk (dua dari kanan) melakukan pengguntingan pita peresmian Pendopo Jamhari, Ahad (13/3). Foto: Dzikril Firmansyah/mediamu.com

BANTUL – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY meresmikan Pendopo Jamhari, Ahad (13/3). Peresmian antara lain dihadiri Ketua PWM DIY, Gita Danupranata, keluarga Jamhari Abunda Farouk, Ketua Umum DPD IMM DIY M. Akmal Ahsan, Ketua Umum PW IPM DIY Racha Julian Chairurrizal, PDM Bantul, Panewu Kasihan, Lurah Tirtonirmolo, dan Ketua RW/RT setempat.

Pendopo Jamhari merupakan bentuk optimalisasi PWM DIY untuk amanah para waqif. Ini ditawarkan kepada IMM maupun IPM yang langsung menyambut “tantangan” tersebut. PWM memfasilitasi dengan membangun pendopo sekaligus sebagai sekretariat dua ortom itu untuk mengekspresikan semua potensi secara fleksibel dan tidak terlalu formal.

Mengingat lokasinya berada di tengah pemukiman, terlebih di kawasan sub-urban Kota Yogyakarta, Gita melihat hal itu sebagai latihan bagi para kader IMM dan IPM DIY untuk bisa dekat dengan masyarakat sekitar.

“Saya harap nanti anak – anak (IMM dan IPM) bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya sekaligus belajar tata cara Yogya. Ketika dapat menyatu dengan masyarakat, kesan anda di Yogya tidak hanya sekolah atau kampus, juga tentang kemanusiaan,” tandas Gita..

Pendopo Jamhari didirikan di atas tanah wakaf Jamhari Irsyad (alm) dari Kauman, Yogyakarta. Semasa hidup, ia aktif dan senang menggerakkan Muhammadiyah. Sebelum wafat, Jamhari menyerahkan sertifikat tanah kepada Abunda Farouk untuk kemudian diserahkan kepada Majelis Wakaf dan Kehartabendaan PWM DIY.

Jamhari memberikan wakaf tersebut agar bisa meninggalkan salah satu amalan yang bisa dipakai sebagai jariyah.

“Beliau dikenal ramah dan senang menggembirakan orang, suka berderma, berwakaf, termasuk kepada tetangga kiri dan kanan. Ia baik kepada semuanya,” jelas Abunda.

Saat kecil, Abunda sering mendapatkan bimbingan dari Jamhari. Bahkan ketika Abunda sudah menjadi khatib, Jamhari masih sering memberikan tulisan-tulisan kecil untuk disampaikan saat khutbah.

Abunda berharap, Pendopo Jamhari dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh IMM maupun IPM, mislanya untuk aktivitas organisasi, ruang diskusi, dan kegiatan lain. Bahkan warga sekitar juga bisa menggunakan.

“Sesuai amanat Pak Jamhari, tanah wakafnya bisa dipakai untuk kegiatan dakwah dan kemasyarakatan,” jelasnya. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here