News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

PisauMu DIY Kenalkan Olahraga Lempar Pisau Lewat Kompetisi

Para peserta melemparkan pisau ke target dalam Kompetisi PisauMu DIY. Foto: Dzikril Firmansyah / Mediamu

YOGYA - Dalam gelaran Muhammadiyah Jogja Expo (MJE) #3 ini, terdapat berbagai kompetisi yang menarik. Salah satunya Kompetisi Lempar Pisau yang dihelat oleh PisauMu DIY, pada hari Ahad (26/11). 

Kompetisi ini berlangsung di Lapangan Belakang Jogja Expo Center (JEC), dengan diikuti 98 peserta yang berlomba-lomba mengenai target untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya.

Diadakannya kompetisi ini juga dalam rangka mengenalkan olahraga lempar pisau ke masyarakat luas. 

“Kompetisi olahraga lempar pisau ini diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan keahlian, sekaligus ajang silaturahmi,” kata Pradika Jiwa Saputra selaku ketua panitia kompetisi. 

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Olahraga (LPO) PP Muhammadiyah Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H. turut hadir sekaligus menyambut baik diadakannya kompetisi lempar pisau dari PisauMu DIY ini.“Kami sangat mengapresiasi LPO Wilayah Yogyakarta dan PisauMu yang secara aktif mengembangkan olahraga lempar pisau,” ucapnya. 

Kompetisi lempar pisau ini terbagi dia bagian, yaitu pria dan wanita. Masing - masing peserta diberikan tiga pisau untuk dilempar ke target yang disediakan oleh panitia dengan jarak 3, 4, dan 5 meter.

Di setiap jarak, peserta melakoni 3 ronde, sehingga ada 9 kali lemparan dan jika ditotal dari keseluruhan tiga jarak tersebut, maka peserta melempar sebanyak 27 kali.

Namun, sebelum itu, para peserta menjalani sesi pre-round di setiap jarak sebagai pemanasan. “Jadi, satu ronde (pre-round) untuk pemanasan, lalu 3 ronde berikutnya untuk pertandingan,” jelas Pradika. 

Penilaiannya berdasarkan pada perolehan poin dari peserta. Jika mengenai target di tengah bullseye, akan memperoleh 5 poin, kemudian target putih (pertama) dapat 4 poin, target biru dapat 3 poin, target putih (kedua) dapat 2 poin, dan area merah di luar hanya 1 poin.

Saat pertandingan, pisau yang dilempar harus sesuai dengan kamar targetnya. Misal, untuk pisau 1, maka harus dilempar ke kamar target 1 (kiri bawah), pisau 2 dilempar ke kamar target 2 (tengah atas), hingga pisau 3 dilempar ke kamar 3 (kanan bawah).

“Poin yang dihitung adalah pisau yang menancap dan sesuai kamarnya,” tambah Pradika.

Kompetisi PisauMu ini diadakan sekali putaran Penilaian peserta menggunakan sistem klasemen, dimana peserta yang memiliki poin terbanyak akan menjadi pemenang, diikuti peringkat kedua dan ketiga. 

Untuk hadiah, juara 1 mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 1.000.000, juara 2 mendapatkan Rp. 750.000, dan juara 3 sebesar Rp. 500.000. Masing-masing pemenang juga mendapatkan trofi, untuk pria memperoleh Trofi Ketua LPO PP Muhammadiyah, sedangkan wanita menerima Trofi Ketua Umum PP ‘Aisyiyah. (*) 

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Ket: Foto para pemenang Kompetisi PisauMu DIY di MJE #3

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here