News

News

MediaMU.COM

May 16, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Abdul Mu'ti: Bukan Mendiskriminasi, Islam Justru Memuliakan Perempuan Lewat Workshop, BMT UMY Komitmen Wujudkan “Modernisasi Koperasi” di Kabupaten Bantul Komitmen Mengabdi Di Daerah 3T, PENA UMY Menuju Sambi Rampas Gallery Walk GCWRI Jadi Saksi Aksi Pemuda-Pemudi Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan  Nur Ahmad Ghojali Harapkan LKSA Panti Asuhan Muhammadiyah Unggul Berkemajuan PC IMM Djazman Al Kindi Yogya dan BEM UAD Gelar Simposium Pemikiran Islam, Hadirkan Pendiri IMM JISRA Indonesia Suarakan Ecofeminism dan Kerukunan Lintas Iman dalam Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI) PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji

Pengelola Ambulanmu Sleman Gelar Silaturahmi

Foto: Arief Hartanto

SLEMAN – Gerakan kemanusiaan yang dilakukan Muhammadiyah bak gelombang lautan, terus mengalun seolah tiada pernah ada habisnya. Hal ini tampak ketika 12 Titik Ambulans Muhammadiyah se-Kabupaten Sleman hadir dalam gelaran Silaturahmi dan Refreshing PPGD Pengelola Ambulanmu, Selasa (15/9) di SMK Muhammadiyah 1 Tempel, Sleman.

Dalam kiprahnya, ambulanMu digunakan masyarakat umum, tidak memandang ormas agama. Layanannya berupa antar jemput pasien dari rumah sakit ke rumah dan sebaliknya, layanan antar jenazah antarkota-provinsi. Kadang-kadang juga dimanfaatkan untuk kesiapsiagaan agenda persyarikatan.

Pertemuan tersebut untuk semakin memantapkan giat kemanusiaan ambulanmu di masa pandemi ini. Peran ambulanmu sangat dirasakan masyarakat. Semua harus diimbangi dengan pembekalan pada driver tentang Covid-19 dan bagaimana mengoperasikan ambulanmu secara aman.

Sebagaimana disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. H. Haedar Nashir, M.Si., gerak amal usaha Muhammadiyah diharapkan dapat memperkuat Islam sebagai agama perbuatan, yakni agama yang mewujudkan dalam tindakan nyata sehingga membawa kemaslahatan hidup umat manusia.

“Dalam pandangan KH. Ahmad Dahlan, Islam bukan hanya agama dihapal, juga digerakkan dalam menghadirkan Islam sebagai agama perbuatan yang membawa kemaslahatan, menghadirkan Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin,” imbuh Haedar.

Acara diawali sambutan Ketua Majelis Pelayanan Sosial (MPS) PDM Sleman yang menyampaikan program-program MPS dan siap bersinergi dengan pegiat ambulanmu Sleman. Dilanjutkan sambutan Ketua PCM Tempel, Arif Sulistyo, selaku tuan rumah yang memberikan motivasi agar tetap semangat dalam kegiatan kemanusiaan khususnya melalui ambulan.

Silaturahmi juga diisi dengan refresh PPGD (Pertolongan Pertama pada Gawat Darurat) oleh Kang Eksan dari PMI Sleman. Ia mengatakan, upaya penanggulangan penderita gawat darurat adalah salah satu tugas yang harus dikuasai dalam penanganan kasus gawat darurat untuk kasus trauma maupun nontrauma. Keberhasilan pertolongan terhadap penderita gawat darurat tergantung kepada kecepatan ditemukannya penderita, kecepatan meminta bantuan pertolongan, kecepatan dan ketepatan bantuan pertolongan

Acara dilanjutkan ramah-tamah dipandu Kang Eko Sumardiyanto, Ketua PDPM Sleman, yang juga relawan ambulanmu AMM Sleman. Kemudian, penyerahan bantuan dari MCCC PDM Sleman berupa hand sanitizer kit untuk ambulan dan APD berupa hazmat kepada masing-masing titik ambulanmu yang hadir.

Dalam sesi ramah tamah, ditunjuk masing-masing titik satu perwakilan untuk menjadi pengurus Forum Ambulanmu Sleman guna mempermudah koordinasi pergerakan operasional. (*)

Koresponden: Arief Hartanto
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here