News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

Pengajian Ramadhan PWM DIY Usung Tema Keunggulan Insan, Inilah Maknanya

Pengajian Ramadhan 1445 H PWM DIY di Amphitheater Gedung Utama Kampus 4 UAD. Foto: Dzikril Firmansyah / Mediamu

YOGYA - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DI Yogyakarta kembali melaksanakan Pengajian Ramadhan pada tahun 1445 H ini, pada Sabtu dan Ahad (23-24/3) di Amphitarium Gedung Utama Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan. Acara rutin setiap bulan Ramadhan ini diikuti oleh segenap jajaran PWM DIY, serta majelis / lembaga, ortom, dan pimpinan amal usaha. 

Tema yang diangkat adalah “Membumikan Risalah Islam Berkemajuan untuk Membangun Keunggulan Insan.” Sebagaimana diketahui, Risalah Islam Berkemajuan merupakan hasil dari Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo pada 2022.

Dokumen resmi dari Muktamar Solo itu adalah kristalisasi dari dokumen-dokumen keputusan resmi persyarikatan dan khasanah yang dibangun dari konsep mendasar Muhammadiyah, mulai 7 falsafah, Pelajaran Kyai Dahlan, 12 Langkah, Kepribadian Muhammadiyah, PHIWM, Darul Ahdi Wa Syahadah, dan lainnya. 

“Kristalisasi dokumen ini menyatu dalam Risalah Islam Berkemajuan. Yang kita semua sudah yakin, islam ini yang akan mengantarkan umat berkualitas dan peradaban tinggi. Itu jika ditunaikan sebaik-baiknya,” kata Ketua PWM DIY, Dr. M. Ikhwan Ahada, M.A.

Ukuran kualitas ini upayakan setiap saat oleh persyarikatan dan semua unsurnya. Karena secara konseptual, islam ini sudah unggul dan seluruh umatnya harus meyakini akan menjadi orang yang unggul juga.

Maka, Muhammadiyah masih harus terus berjuang dan memahami betul kondisi umat sekarang, untuk bisa membawa umat dalam kancah global. 

“Kita bersyukur dipertemukan dalam organisasi, tidak hanya berjamaah, tapi syirkah dalam membangun peradaban dari sederhana sampai fundamental. Semua lini dakwah harus kita pacu hingga bisa mengejar satu identitas, yakni unggul,” jelas Ikhwan. 

Maka, membangun keunggulan insan sebagaimana tema yang diusung, adalah upaya kecil PWM DIY untuk mengantarkan umat Islam menjadi umat selektif, komparatif, kompetitif, untuk menjadi lebih berkualitas.

Artinya, dengan menjadi orang yang menapaki langkah demi langkah secara selektif, lalu dikomparasikan untuk berkompetisi di tingkat nasional 

"Dengan langkah kecil ini, Allah mengangkat kualitas kita sebagai umat dan persyarikatan serta kualitas diri sembari melaksanakan ibadah Ramadhan ini,” tandas Ikhwan. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here