News

News

MediaMU.COM

Apr 18, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa Jamu PP Aisyiyah, Haedar Nashir Berpesan Untuk Dekatkan Dakwah dengan Masyarakat Lazismu bersama MPM PP Muhammadiyah Salurkan 1000 Paket Zakat Fitrah dan Fidyah Abdul Mu'ti: Jadikan Idulfitri Momentum Rekonsiliasi Sosial Ketua PP Muhammadiyah Prihatin Korupsi Subur di Tengah Masyakarat yang Religius Haedar Nashir: Puasa Momentum Seimbangkan Hidup dengan Sikap 'Tengahan' Warga Muhammadiyah Lokshumawe Shalat Id Serentak di Halaman Masjid At-Taqwa Taawun Sosial Ramadan PWA DIY: Berbagi Berkah dan Pesan Kebajikan Muhammadiyah DIY Siapkan 718 Lokasi Sholat Idulfitri 1445 H, Ini Daftarnya Layani Para Pemudik, RS PKU Muhammadiyah Bantul Sediakan 3 Posko Kesehatan PDPM Sleman Tebar Kebaikan Ramadhan Bersama Steps2 Allah London di Ponpes Abu Dzar Al Ghifari Gamping Dayah Modern Ihyaaussunnah Kota Lhokseumawe Sukse Gelar Intensive Qur’anic Camp Kunjungi Pos MudikMU Masjid Ahmad Dahlan Pundong, Sekretaris PWM DIY Apresiasi Fasilitas Layanan yang Tersedia MPKU dan Klinik PKU Bambanglipuro Bersinergi dalam Program Muhammadiyah Menyapa Muhammadiyah Umumkan Idul Fitri 1445 H Jatuh Pada Rabu 10 April 2024 Tetap Bertugas di Lebaran, RS PKU Muhammadiyah Yogya Siap Beri Pelayanan Maksimal Saat Ariswan Jelaskan Keberkahan Ramadhan dan Perjalanan Spiritual Melalui Muhammadiyah

Pengajian Ramadhan PWM DIY Usung Tema Keunggulan Insan, Inilah Maknanya

Pengajian Ramadhan 1445 H PWM DIY di Amphitheater Gedung Utama Kampus 4 UAD. Foto: Dzikril Firmansyah / Mediamu

YOGYA - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DI Yogyakarta kembali melaksanakan Pengajian Ramadhan pada tahun 1445 H ini, pada Sabtu dan Ahad (23-24/3) di Amphitarium Gedung Utama Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan. Acara rutin setiap bulan Ramadhan ini diikuti oleh segenap jajaran PWM DIY, serta majelis / lembaga, ortom, dan pimpinan amal usaha. 

Tema yang diangkat adalah “Membumikan Risalah Islam Berkemajuan untuk Membangun Keunggulan Insan.” Sebagaimana diketahui, Risalah Islam Berkemajuan merupakan hasil dari Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo pada 2022.

Dokumen resmi dari Muktamar Solo itu adalah kristalisasi dari dokumen-dokumen keputusan resmi persyarikatan dan khasanah yang dibangun dari konsep mendasar Muhammadiyah, mulai 7 falsafah, Pelajaran Kyai Dahlan, 12 Langkah, Kepribadian Muhammadiyah, PHIWM, Darul Ahdi Wa Syahadah, dan lainnya. 

“Kristalisasi dokumen ini menyatu dalam Risalah Islam Berkemajuan. Yang kita semua sudah yakin, islam ini yang akan mengantarkan umat berkualitas dan peradaban tinggi. Itu jika ditunaikan sebaik-baiknya,” kata Ketua PWM DIY, Dr. M. Ikhwan Ahada, M.A.

Ukuran kualitas ini upayakan setiap saat oleh persyarikatan dan semua unsurnya. Karena secara konseptual, islam ini sudah unggul dan seluruh umatnya harus meyakini akan menjadi orang yang unggul juga.

Maka, Muhammadiyah masih harus terus berjuang dan memahami betul kondisi umat sekarang, untuk bisa membawa umat dalam kancah global. 

“Kita bersyukur dipertemukan dalam organisasi, tidak hanya berjamaah, tapi syirkah dalam membangun peradaban dari sederhana sampai fundamental. Semua lini dakwah harus kita pacu hingga bisa mengejar satu identitas, yakni unggul,” jelas Ikhwan. 

Maka, membangun keunggulan insan sebagaimana tema yang diusung, adalah upaya kecil PWM DIY untuk mengantarkan umat Islam menjadi umat selektif, komparatif, kompetitif, untuk menjadi lebih berkualitas.

Artinya, dengan menjadi orang yang menapaki langkah demi langkah secara selektif, lalu dikomparasikan untuk berkompetisi di tingkat nasional 

"Dengan langkah kecil ini, Allah mengangkat kualitas kita sebagai umat dan persyarikatan serta kualitas diri sembari melaksanakan ibadah Ramadhan ini,” tandas Ikhwan. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here