News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

PCIM Tiongkok Silaturahim Musim Dingin di Kota Wuhan

TIONGKOK — Kota Wuhan seharian cerah meski begitu cuaca musim dingin masih sangat terasa. PCIMT Region Wuhan mensyukurinya dengan silaturahim bertempat di kampus CCNU. Berbalut kesederhanaan dan kebersamaan. Suasana penuh kehangatan.

Yang hadir ada membawa makan dan minum seikhlasnya. Ada yg memilih masak nasi,  ada yang bawa sayur,  ada yang urun lauk,  ada yang membelikan minuman,  ada yang menyumbang makanan ringan,  cemilan dll. Dijadikan satu dinikmati bersama dengan gembira.

Acara diawali dengan pembukaan,  tadarus Al Qur’an,  sambutan panitia,  pengajian, dan rapat. Acara berjalan lancar meski sederhana namun penuh makna.

Pengajian disampaikan oleh Arum Priadi (Sekum PCIMT) tentang landasan gerak dan karakteristik gerakan Muhammadiyah.

Mengawali paparannya tentang latarbelakang didirikan Muhammadiyah. Mengutip Ayat Al Quran, Al Imran 104 dan 110. Arum menerangkan bahwa organisasi yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan dapat dijadikan sebagai alat dakwah untuk menegakkan amar maruf nahi munkar disegala bidang yang bersumber dari Al-Quran dan As-Sunnah. Selain itu, gerakan ini juga bertujuan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. Sehingga menjadi rahmatan li al-alamin bagi umat.

“Muhammadiyah berpandangan bahwa Agama Islam menyangkut seluruh aspek kehidupan meliputi aqidah, akhlaq, dan muamalat duniyawiyah yang merupakan kesatuan yang utuh.  Sehingga Muhammadiyah juga memiliki kewajiban menyampaikan dakwah” tegasnya.

“Adapun gerakan pembaharuan/tajdid di era sekarang seperti contohnya melalui literasi, berdakwah melalui tulisan di journal. Jadi Muhammadiyah itu bercirikan purifikasi dan tajdid” pungkasnya

Sementara itu ketua PCIMT region Wuhan, Sucipto mengajak para pengurus untuk dapat turut menggembirakan dan mensyiarkan aktivitas gerak Muhammadiyah khususnya di kota Wuhan.

“Alhamdulillah kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk memupuk silaturahmi antara sesama kader. Selain itu, sebagai mahasiswa yang sibuk dengan dunia akademik kita juga butuh menyirami kalbu dengan kajian. Sehingga tetap bisa memberi manfaat yang lebih.” ujarnya.

Ia juga berpesan agar pengajian tetap diadakan di tingkat region dengan mengutip kata-kata yang terkenal di kalangan Persyarikatan “ranting itu penting”.

Saat itu juga dibahas agenda kegiatan berkaitan kerjasama dengan PPIT dan PCINU serta membincangkan agenda pengembangan kompetensi menulis dan seni budaya bagi mahasiswa Indonesia di Tiongkok.

Selain hal di atas ajang silaturahim juga dimanfaatkan untuk penguatan organisasi dengan menyegarkan kepengurusan agar PCIMT semakin dapat memberikan manfaat dan kebaikan baik untuk internal organisasi maupun bagi masyarakat umum. Seperti semangat Muktamar Muhammadiyah yang akan segera digelar tahun 2020 di kota Solo. “Muhammadiyah memajukan Indonesia dan mencerahkan semesta.”  ()sumber berita: indoupe. editor:chip

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here