News

News

MediaMU.COM

May 16, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Abdul Mu'ti: Bukan Mendiskriminasi, Islam Justru Memuliakan Perempuan Lewat Workshop, BMT UMY Komitmen Wujudkan “Modernisasi Koperasi” di Kabupaten Bantul Komitmen Mengabdi Di Daerah 3T, PENA UMY Menuju Sambi Rampas Gallery Walk GCWRI Jadi Saksi Aksi Pemuda-Pemudi Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan  Nur Ahmad Ghojali Harapkan LKSA Panti Asuhan Muhammadiyah Unggul Berkemajuan PC IMM Djazman Al Kindi Yogya dan BEM UAD Gelar Simposium Pemikiran Islam, Hadirkan Pendiri IMM JISRA Indonesia Suarakan Ecofeminism dan Kerukunan Lintas Iman dalam Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI) PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji

Izzul Muslimin: Debat Capres-Cawapres Harus Substansif, Jangan Seperti Cerdas Cermat

JAKARTA – Jadwal debat untuk tiga pasangan calon Presiden-Wakil Presiden dalam Pemilu 2024 telah resmi diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, meski sebelumnya mengundang sejumlah kontroversi. Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, pada Rabu (6/12), menyampaikan bahwa debat capres-cawapres akan diselenggarakan sebanyak lima kali, dengan rincian 3 kali debat capres dan 2 kali debat cawapres.

Debat Capres dijadwalkan pada tanggal 12 Desember 2023, 7 Januari 2024, dan 4 Februari 2024, sementara debat Cawapres akan dilaksanakan pada 22 Desember 2023 dan 21 Januari 2024.

Muhammad Izzul Muslimin, Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, memberikan tanggapan terhadap keputusan tersebut. Ia menyarankan agar KPU, sebagai penyelenggara Pemilu, mengikuti format debat yang telah ditetapkan oleh Undang-Undang (Pasal 277 UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu).

"(Format) Yang dulu sudah bagus, tinggal yang substansinya ditingkatkan. Jangan terlalu banyak eksperimen," pesannya, dilansir dari muhammadiyah.or.id, setelah memberikan pernyataan sikap tentang Pemilu 2024 bersama tokoh lintas agama di Gereja Katedral, Jakarta, Rabu (6/12).

Selanjutnya, Izzul menginginkan agar KPU merancang teknis pelaksanaan debat agar lebih substantif dan tajam. Hal ini diharapkan agar seluruh gagasan Capres-Cawapres dapat diinformasikan secara mendalam kepada publik.

“Debat capres-cawapres itu forum kita untuk mengetahui lebih mendalam apa yang jadi otak dari masing-masing capres-cawapres. Oleh karena itu debat kandidat harus benar-benar berkualitas, jangan dibatasi seperti lomba cerdas cermat yang sangat prosedural tapi kemudian melupakan substansi. Oke ada aturan main, tapi yang paling penting substansinya masuk,” harapnya.

Debat capres-cawapres ini diselenggarakan sebagai persiapan menuju Pemilu Serentak yang dijadwalkan pada Rabu, 14 Februari 2024. Rincian tema debat mencakup isu-isu penting seperti hukum, HAM, pertahanan, ekonomi, dan teknologi informasi, dengan harapan bahwa melalui debat, masyarakat dapat memahami dengan lebih baik pemikiran dan pandangan para calon pemimpin. (*)

Wartawan: Fatan Asshidqi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here