News

News

MediaMU.COM

Apr 27, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

Inilah Beberapa Sikap Orang Menghadapi Pandemi Covid: Ada yang Bodo Amat

Khoiruddin Bashori. dok. Mu'allimin

KULONPROGO — Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDMP Kulon Progo, DIY, menyelenggarakan Hari Syiar Bermuhammadiyah dengan tema “Problematika Sosial dan Solusinya Masa Pandemi Covid-19”, Ahad (4/7). Acara dilakukan secara virtual dan disiarkan langsung melalui youtube.

Dalam sambutannya, Dr. H. M. Jumarin, M.Pd (Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kulon Progo), mengimbau agar seluruh warga Kulon Progo mematuhi protokol kesehatan, bahu membahu, dan tolong menolong. Seluruh warga Muhammadiyah tetap menyikapi keadaan ini dengan sikap sabar dan tawakal, melakukan PPKM Darurat, serta mengikuti Edaran PP Muhammadiyah.

Sedangkan Dr. H. Khoiruddin Bashori, M.Si (Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Pesantren PP Muhammadiyah dan Dosen Psikologi Universitas Ahmad Dahlan) menjelaskan tafsir QS. Al Anbiya ayat 35 bahwa hakikat seseorang hidup adalah untuk kembali kepada Allah SWT. Ujian hidup ada dua yaitu nikmat dan keburukan. Segala problema hidup harus bisa dihadapi karena itu adalah realitas sosial yang tidak terelakkan.

“Tujuan yang diinginkan manusia hidup adalah bahagia. Nah, di masa pandemi ini banyak dari kita kurang mendapat kebahagiaan. Problematika manusia sesungguhnya adalah tidak bahagia. Dua kata pentingnya adalah sabar dan syukur. Jika senang bersyukur, jika sedih bersabar,” tuturnya.

Pak Irud, panggilan akrab Khoiruddin Bashori, mengutip Tafsir Al Qurtuby tentang surat Fathir ayat 32, yakni menggambarkan jenis-jenis sikap seseorang di masa pandemi. Pertama, jahil (bodo amat) seperti tidak pakai masker, mengeluh, tidak melakukan apa-apa. Kedua, muqtashid bil hal (berusaha) seperti berusaha, banyak membaca, sabar ketika mendapat kesusahan, tidak mengeluh, mencari solusi. Ketiga, dan al muta’allim (orang yang pintar) adalah menikmati kesulitan (al mutaladzidz bil bala’), meskipun sulit tetap bisa menghadapinya dengan tersenyum.

Solusi dari ketidakbahagiaan adalah menyikapi bahwa di dalam hidup pasti ada tantangan dan kesulitan. Setiap manusia perlu punya komitmen dan tangguh dalam menghadapi tantangan dengan mencari solusi, serta kontrol diri agar tetap tangguh. Kebahagiaan dapat dicapai dengan ikhlas dan sabar

“Untuk seluruh kader persyarikatan, saya berharap jadilah kader yang berkarakter kuat dan bijak. Caranya adalah tilawah (membaca fenomena), ta’lim (berbagi ilmu), kitabah (menulis), hikmah (mengambil pelajaran), dan tazkiyah (penyucian diri),” pesannya. (*)


Wartawan: Afifatur Rasyidah I.N.A
Editor: Sucipto

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here