News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Inilah 4 Kriteria Ketum IMM DIY Menurut Ikhwan Ahada

Ketua PWM DIY, Dr. M. Ikhwan Ahada, M.A. memberikan amanat di Pembukaan Musyda XXI IMM DIY, Jumat (22/12). Foto: Dzikril Firmansyah / Mediamu

YOGYA - Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) D.I. Yogyakarta Dr. M. Ikhwan Ahada, M.A. mengatakan bahwa sudah waktunya Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) untuk memperluas wawasan. Menurutnya, IMM ini adalah sebuah fase dimana semuanya berkesempatan karena masih muda.

"Saya kira IMM adalah sebuah fase dimana menjalani ini harus dengan penuh kesungguhan. Artinya bahwa dunia dimana hal-hal yang akan melahirkan peradaban dan juga dunia yang sama sekali belum kita sentuh ini amat sangat luas," ucapnya saat menghadiri Musyda XXI IMM DIY, Jumat (22/12). 

Dalam amanatnya itu, sudah saatnya juga semangat dari IMM mengarah ke sana. Meskipun, menjadi seorang IMM di DIY ini tentu juga menjadi beban tambahan karena berada di Yogyakarta yang notabene Kota Pelajar.

"Kita berada di tempat lahirnya Muhammadiyah yang diakui sebagai pilar istimewanya Yogyakarta, di samping Keraton, UGM, dan Taman Siswa. Muhammadiyah juga disebut oleh Hamengkubuwono sebagai pilar istimewa dan tidak lepas dari sebutan kota pelajar di mana IMM bagian dari itu," jelasnya.

Mengutip buku Muhammadiyah Jawa, ada 3 konsekuensi bermuhammadiyah. Pertama, menghidupkan atau menguatkan iman. Menumbuhkan amal shaleh sebagai implementasi dari iman, lalu mengoptimalkan akal budi dan nalar suci untuk menghadapi hidup ini.

IMM, dan Angkatan Muda Muhammadiyah lainnya ada dalam posisi mengembangkan wawasan. Maka, Ikhwan sepakat jika Muhammadiyah berpikir bahwa Al Qur'an bukanlah sesuatu yang bersifat skriptualis, yaitu tulisan sekali baca langsung selesai.

Tetapi bagaimana Al Qur'an menjadi panglima dan kita prajuritnya adalah implementasi jadi gambaran konkrit. Ketika prajurit ini terlihat rapi, tersusun bagus, dan tertib sampai ke sesungguhnya nilai-nilai Qur'an yang diamalkan 

Selanjutnya, atas nama PWM DIY, Ikhwan mengucapkan selamat kepada Musyda XXI IMM DIY. Beliau berharap ada budaya baik yang harus terus dibangun, dimana kita terorganisir dengan rapi dan inilah salah satu faktor mengapa Muhammadiyah bisa bertahan terlepas dari kekurangannya. 

Maka, Ikhwan berharap permusyawaratan ini bisa melahirkan pimpinan IMM DIY yang hebat sesuai dengan tema Musyda, cepat tapi hati-hati, serta menyampaikan kriteria penting bagi Ketua umum dan pimpinan DPD IMM DIY. 

"PWM DIY berpesan supaya terpilih pemimpin IMM DIY yang Ngayahi, merangkul semuanya apa yang menjadi tugas harus dimaksimalkan. Ngayomi, melindungi karena anak muda harus terus berkarya dan berinovasi. Ngayengi, membuat mereka tenang dan termotivasi. Ngangeni, jadilah pemimpin yang dirindukan oleh umat. (*)

Wartawan: Dzikril Firmansyah 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here