News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Haedar Nashir: Masjid Harus Menjadi Wahana Peningkatan Literasi Umat

BANTUL Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir meresmikan Masjid Husnul Khatimah Tamantirto Utara, Kasihan, Bantul, pada Senin (31/10). Masjid ini sangat istimewa karena berada di area kediaman Haedar Nashir.

Sebelumnya, Masjid Husnul Khatimah pertama kali didirikan pada tahun 1996 atas inisiatif wakaf dari keluarga almarhum H. Suratidjo dengan lahan seluas 400 meter persegi.

Namun, seiring perkembangan dinamika masyarakat sekitar dengan kehadiran beberapa kampus, masjid ini semakin kurang memadai dalam memfasilitasi ibadah dan dakwah. Atas inisiatif keluarga Haedar Nashir dan Siti Noordjannah Djohantini, dimulailah rencana pembangunan masjid ini dan keduanya telah menjadi jangkar untuk memfasilitasi pihak – pihak lain yang memungkinkan partisipasi lebih luas dalam pembangunan Masjid Husnul Khatimah.

Berkat hal tersebut, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah membantu membebaskan lahan seluas 960 meter persegi di sebelah masjid yang lama untuk dijadikan lahan persyarikatan Muhammadiyah. Selanjutnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah memberikan izin untuk memanfaatkan lahan persyarikatan ini untuk perluasan masjid.

Melalui sambutannya, Haedar mengapresiasi geliat Muhammadiyah yang terus berbuat tanpa lelah. Ia juga mengakui dalam waktu belakangan ini terdapat semarak peresmian ataupun pencanangan amal usaha Muhammadiyah.

“Ini menjadi contoh pembangunan-pembangunan di Muhammadiyah atau di kalangan kaum muslimin yang berkemajuan. Ketika memulai pembangunan modalnya semangat lillahita’ala hal ini menjadi tugas dan tanggungjawab bersama,” jelas Haedar.

Dalam kesempatan yang sama, Haedar juga menyampaikan bahwa ada dimensi rohani dalam kehidupan yang tidak selalu bersifat rasional.

Contohnya, adalah niat dalam sebuah usaha untuk saling membantu atau berbuat kebaikan yang salah satu prakteknya, yakni dalam pembangunan Masjid Husnul Khatimah serta berbagai Amal Usaha Muhammadiyah di berbagai daerah.

Selanjutnya, Haedar mengingatkan kepada warga Muhammadiyah utamanya jamaah. “Pertama agar dengan berdirinya masjid Husnul Khatimah yang indah nan megah ini untuk dapat memakmurkannya,” tutur Haedar.

“Kedua, diharapkan masjid menjadi wahana untuk peningkatan kesadaran literasi umat muslim agar dapat menjadi umat terbaik yang unggul dalam spiritual, intelektual, dan sosial,” tambahnya.

Dalam peresmian Masjid Husnul Khatimah, turut hadir sejumlah tokoh dalam peresmian tersebut diantaranya, Ketua Umum PP ‘Aisyiyah sekaligus diangkat sebagai sesepuh Masjid Husnul Khatimah Siti Noordjanah Djohartini, Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Danarto, Pengusaha Muhammadiyah Yendra Fahmi, Rektor UMY Gunawan Budianto, Mantan Kapolri Badrodin Haiti, Mantan Anggota DPR RI Fahri Hamzah. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here