News

News

MediaMU.COM

May 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Pelatihan Paralegal oleh ‘Aisyiyah dan BPHN Tingkatkan Akses Bantuan Hukum PCIM Amerika Bergabung Dalam Gelombang Dukungan Global untuk Palestina Songsong Milad ke-107, 'Aisyiyah Komitmen Perkuat Dakwah Kemanusiaan Semesta Abdul Mu'ti: Bukan Mendiskriminasi, Islam Justru Memuliakan Perempuan Lewat Workshop, BMT UMY Komitmen Wujudkan “Modernisasi Koperasi” di Kabupaten Bantul Komitmen Mengabdi Di Daerah 3T, PENA UMY Menuju Sambi Rampas Gallery Walk GCWRI Jadi Saksi Aksi Pemuda-Pemudi Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan  Nur Ahmad Ghojali Harapkan LKSA Panti Asuhan Muhammadiyah Unggul Berkemajuan PC IMM Djazman Al Kindi Yogya dan BEM UAD Gelar Simposium Pemikiran Islam, Hadirkan Pendiri IMM JISRA Indonesia Suarakan Ecofeminism dan Kerukunan Lintas Iman dalam Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI) PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim

Gowes Wisata Cabang Muhammadiyah, Bersepeda Sambil Belajar Sejarah

Peserta Gowes berhenti di Masjid Al-Amna dan berdialog dengan tokoh cabang Danurejan. Foto: Ahimsa/mediamu.com

YOGYA – Langit Yogya menunda hujannya pada Sabtu pagi (4/12). Terlihat rombongan warga Muhammadiyah bersepeda menyusuri jalan-jalan kota. Mereka adalah para pimpinan cabang se-Kota Yogyakarta yang sedang mengikuti kegiatan “Gowes Wisata Cabang Muhammadiyah”.

Kegiatan itu buah kolaborasi Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) dan Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta. Sepeda berkeliling kota dimulai dari kantor PDM Kota Yogyakarta di Jalan Sultan Agung.

Sudah dilaksanakan dua kali dan kali ini giliran Kecamatan Danurejan menjadi destinasinya. Setelah berangkat dari PDM Kota Yogyakarta, rombongan menuju beberapa titik lokasi yakni Gedung Aniem (sejarah PLN di masa penjajahan Belanda), Kepatihan, dan Menara Gaok.

Lokasi-lokasi tersebut umum dilalui namun sering terabaikan. Di masing-masing tempat, Arif Hidayat, Ketua LSBO PDM Kota Yogyakarta, mengupas kisah-kisah sejarah menarik yang menjadi latar belakang bangunan-bangunan itu. Menurutnya, ini juga menjadi salah satu cara untuk berdakwah.

“Sering gowes tapi hanya dapat capeknya, jauhnya, keringatnya, paling terus kulineran. Kita coba menambahkan, satu, silaturahmi dengan cabang yang jadi tujuan. Kedua, mendapatkan pelajaran sejarah. Jadi tidak hanya gowes tapi ada sesuatu,” tuturnya.

Agni Sutanta, S.I.P., Ketua LPCR PDM Kota Yogyakarta, menambahkan bahwa kegiatan ini dilakukan rutin pada hari Sabtu pekan pertama tiap bulan. “Tidak lepas dari ngaruhke cabang, kita juga ketemu tokoh-tokoh cabang,” imbuh Agni.

Rombongan kemudian berhenti di Masjid Al-Amna, sowan ke salah satu tokoh yakni Ir. H. Sukardi Yani, M.M., yang dulu pernah menjadi Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Danurejan. Usai bertegur sapa dan berdialog, LPCR dan LSBO PDM Kota Yogyakarta menyerahkan kenang-kenangan kepada Sukardi Yani. (*)

Wartawan: Ahimsa W. Swadeshi
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here