News

News

MediaMU.COM

May 2, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan

DPD IMM DIY Gelorakan Semangat Pemberantasan Korupsi melalui Sekolah Antikorupsi

Foto: Penyematan jas IMM dan penyerahan cinderamata kepada Rocky Gerung, salah satu narasumber dalam Talkshow Antikorupsi DPD IMM DIY. Sumber: DPD IMM DIY

BANTUL – Korupsi di Indonesia seakan menjadi hal yang tak pernah menemui ujungnya. Berbagai macam tindakan pencegahan dan pemberantasan telah dilakukan, baik dari pemerintah maupun lembaga terkait, namun tetap saja kasus korupsi selalu ada, bahkan semakin menjadi-jadi.

Guna mendalami persoalan korupsi di negeri ini, Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Daerah Istimewa Yogyakarta (DPD IMM DIY) berinisiatif mengadakan Sekolah Antikorupsi, yang dibuka pada hari Jumat (29/7), di Auditorium Gedung AR Fachrudin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Ketua Umum DPD IMM DIY, Muhammad Akmal Ahsan dalam sambutannya, berujar bahwa Sekolah Antikorupsi ini lahir bukan dari ruang kosong untuk menuju ruang yang hampa. Melalui kegiatan ini, ia mengatakan, ada tuntutan sekaligus harapan yang ingin diterbitkan, yang paling utama adalah keinginan para mahasiswa, terutama kader IMM untuk terlibat dalam penegakan keadilan dan pemberantasan korupsi yang menjadi salah satu problem negeri.

Akmal juga mengutip salah satu kalimat Rocky Gerung yang menyebutkan bahwa sebetulnya penegakan korupsi hanya persoalan teknis, yang harus ditegakkan adalah keadilan.

“Sekolah Antikorupsi diharapkan mampu menyebarkan energinya di seluruh IMM se-Indonesia secara khusus dan mahasiswa secara umum, dengan demikian, wajah bopeng korupsi mampu kita kuliti, sekaligus terbit harapan untuk menegakkan keadilan. Seperti kata Soe Hok Gie, makin redup idealisme pemuda, makin banyak korupsi,” tegas Akmal.

Sementara itu, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, Untung Cahyono mengingatkan para kader IMM yang kedepannya akan berdiaspora di berbagai posisi, termasuk di pemerintahan, agar jangan sampai menjadi pelaku korupsi. Mengutip sebuah hadits, Untung menegaskan bahwa Allah melaknat orang yang memberikan sogok dan orang yang menerima sogokan.

Selain itu, ia berharap agar para peserta mengikuti jalannya kegiatan dengan tertib, baik itu saat berbicara dan berdialog, “Silahkan untuk mengeluarkan pemikiran kritisnya. Tapi, jangan lupa untuk dipelihara hingga pada saatnya anda berada pada posisi dimana anda bertanggung jawab menjalankan amanah, sesuai dengan petunjuk ajaran Islam yang kita jalani,” harap Untung.

Acara pembukaan lalu dilanjutkan dengan Talkshow Antikorupsi bersama dengan Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Busyro Muqoddas, dan Pengamat Politik Indonesia, Rocky Gerung. Sekolah Antikorupsi berlangsung pada 29-30 Juli 2022, diikuti oleh 30 peserta dari perwakilan IMM se-Indonesia. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here