News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Dapat Lampu Hijau MCCC, Mu’allimaat Siapkan Kegiatan Offline

YOGYA — Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah mengijinkan Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah melakukan pelepasan peserta didik kelas VI secara offline pada 13 Juni 2021. Penegasan ini disampaikan Direktur Mu’allimaat, Agustyani Ernawati, M.Pd., dalam pertemuan warga di Aula Gedung Munjiyah, Kamis 3 Juni 2021.

Pertemuan silaturahim ini sekaligus sebagai persiapan kedatangan peserta didik kelas VI yang akan melakukan prosesi pelepasan. Sejumlah elemen pemerintahan dari kelurahan, RW hingga RT hadir dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Tidak lama lagi Madrasah Mu’allimaat akan mendatangkan santriwati, diawali kelas VI yang akan melakukan pelepasan. MCCC PP Muhammadiyah sudah memberikan lampu hijau untuk kedatangan santriwati dari 16 provinsi di Indonesia,” jelasnya.

Kelas VI yang mengikuti pelepasan akan menerapkan skema yang telah dirancang MCCC PP. Skema itu mulai dari persiapan keberangkatan, proses perjalanan menuju Yogyakarta, ketika prosesi wisuda, hingga kepulangan kembali ke kampung halaman masing-masing.

Proses pelepasan ini sebagai contoh penerapan protokol kesehatan untuk menyambut seluruh santriwati secara bertahap. Kedatangan mulai akhir Juni hingga awal Juli 2021, dan akan dilakukan evaluasi secara berkala.

Proses mendatangkan peserta didik harus melibatkan warga masyarakat dan perangkat pemerintahan di sekitar area madrasah. Warga diimbau tidak panik. Pertemuan ini menjembatani komunikasi dengan warga agar saling menjaga satu dengan yang lain. Pelibatan perangkat  RW dan RT juga diharapkan agar saling membantu dalam mengamankan santriwati agar tetap sesuai dengan SOP.

Rancangan tersebut diapresiasi Lurah Notoprajan, Ibu Diah Nur Astuti, S.H., M.Si. “Terima kasih kepada Madrasah Mu’allimaat yang telah mengusahakan untuk memulai pembelajaran tatap muka, diawali pelepasan kelas VI. Upaya ini harus selalu kita dukung karena Mu’allimaat sudah mempunyai SOP mumpuni. Apresiasi juga kami berikan karena Mu’allimaat peduli terhadap pemberdayaan dan potensi ekonomi di daerah sekitar madrasah,” katanya.

SOP yang telah dibuat juga harus diimbangi dengan pengawasan secara ketat. Pengawasan di lapangan sangat diperlukan sehingga ketaatan dalam menjaga protokol kesehatan dan mentaati SOP bisa berjalan. “Terutama kedisiplinan dan ketegasan pamong asrama,” tegas Muhammad Fauzi Noor, Ketua RW 08. (*)


Berita dikirim Laeli Tri Agustina, kontributor mediamu.com.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here