News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Buang Kesan Dakwah Kaku, Comedy for Everyone Digelar di Markas LabMU

YOGYA - Muhammadiyah sebagai sebuah organisasi selama ini dikenal masyarakat dengan pendakwah dan penggeraknya yang serius dan kaku. Namun begitu, hal ini justru mendorong pelaksanaan pelatihan standup comedy yang bertajuk Comedy for Everyone. Agenda ini dilakukan pada Jumat-Sabtu (22-23/12) di GIT Hub 858 yang menjadi markas LabMu MPI PP Muhammadiyah.

Kegiatan ini dilakukan dengan dukungan penuh dari komika Sakdiyah Ma'ruf melalui inisiasi Our Voice Comedy. Penyelenggaraan kegiatan ini sendiri dilakukan oleh Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PP IPM) dan IBTimes.ID.

Asad Fatchul'ilmi Direktur LabMu MPI PP Muhammadiyah mengatakan bahwa pihaknya amat terbuka untuk digunakan tempatnya atau bekerja sama pada kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk persyarikatan.

"Pelatihan-pelatihan, workshop, dan rapat dapat dilakukan di GIT Hub 858," ujarnya. 

Perlu diketahui bahwa LabMu sendiri merupakan program kolaborasi antara Bidang Strategi Media Sosial dan Bidang Pusdatin. LabMu dibentuk untuk menjadi laboratorium software sebagai tulang punggung transformasi digital Muhammadiyah. sedangkan GIT Hub sendiri, merupakan rumah dari ekosistem digital Muhammadiyah. GIT Hub menjadi homebase LabMu dan ruang kerja bersama anak muda Muhammadiyah yang dilengkapi dengan Kopi 858. GIT Hub terbuka untuk menjadi ruang anak muda bertemu, berbagi, dan berkreasi di sekitar Yogyakarta.

Lebih jauh lagi, Sakdiyah yang dikenal sebagai komika di kelas nasional dan internasional menyampaikan bahwa dirinya fokus membawa komedi untuk perubahan. "Komedi merupakan perlawanan oleh orang-orang tertindas," ujar Sakdiyah mengutip Mark Twain.

"Ada adagium bahwa laughter is the best medicine," kata Sakdiyah. Melalui pelatihan-pelatihan stand-up, Sakdiyah juga menyadarkan para peserta bahwa melucu ternyata bisa diajarkan.

Lewat komedi, pula Sakdiyah berharap bisa menyebarkan kebahagiaan sekaligus mengkritik masalah-masalah sosial. Sebagai muslimah taat, dirinya banyak mengkritik isu-isu agama yang eksklusif dan konservatif. Selain itu, Sakdiyah juga menyinggung diskriminasi gender.

Sakdiyah yang hadir dari keluarga Muhammadiyah-Aisyiyah mengajarkan seni berkomedi melalui pelatihan-pelatihan semacam ini. Ia memberikan contoh teknis bagaimana keresahan sehari-hari dapat menjadi komedi yang menghibur sekaligus membawa perubahan-perubahan kecil di sekitar kita.

Berita ini diterima mediamu.com dari Nabhan
Wartawan: Fatan Asshidqi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here