News

News

MediaMU.COM

May 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Umat Muslim Debat Soal Fatwa Musik, Ini Kata Ketua PWPM DIY Pelatihan Paralegal oleh ‘Aisyiyah dan BPHN Tingkatkan Akses Bantuan Hukum PCIM Amerika Bergabung Dalam Gelombang Dukungan Global untuk Palestina Songsong Milad ke-107, 'Aisyiyah Komitmen Perkuat Dakwah Kemanusiaan Semesta Abdul Mu'ti: Bukan Mendiskriminasi, Islam Justru Memuliakan Perempuan Lewat Workshop, BMT UMY Komitmen Wujudkan “Modernisasi Koperasi” di Kabupaten Bantul Komitmen Mengabdi Di Daerah 3T, PENA UMY Menuju Sambi Rampas Gallery Walk GCWRI Jadi Saksi Aksi Pemuda-Pemudi Lintas Iman Rawat Perdamaian dan Lingkungan  Nur Ahmad Ghojali Harapkan LKSA Panti Asuhan Muhammadiyah Unggul Berkemajuan PC IMM Djazman Al Kindi Yogya dan BEM UAD Gelar Simposium Pemikiran Islam, Hadirkan Pendiri IMM JISRA Indonesia Suarakan Ecofeminism dan Kerukunan Lintas Iman dalam Global Conference on Women’s Rights in Islam (GCWRI) PCM Ngampilan Adakan Silaturahmi Sekaligus Pelepasan Calon Jamaah Haji Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat

BPKH Gandeng Lazismu DIY Salurkan Mobil Jenazah untuk Masjid Al Marhamah

Foto: Ahimsa/mediamu.com

SLEMAN – Satu unit mobil jenazah Suzuki APV terparkir di halaman Masjid Al Marhamah, Ngemplak, Kabupaten Sleman, Rabu (15/9). Siang itu, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melalui Lazismu DIY menyerahkan mobil jenazah tersebut kepada Takmir Masjid Al-Marhamah dalam Program Kemaslahatan.

Kegiatan semi daring ini dihadiri Cahyono, S.Ag (Ketua Badan Pengurus Lazismu DIY) dan H. Sugeng Wahyudiono (Ketua Takmir Masjid Al-Marhamah). Sedangkan, Dr. Rahmat Hidayat, S.E., M.T. (Dewan Pengurus BPKH), Dr. Muhammad Akhyar Adnan, MBA., Ak. (Dewan Pengawas BPKH), serta Dr. Mahli Zainuddin Tago, M.Si (Sekretaris Badan Pengurus Lazismu Pusat) hadir secara virtual melalui teleconference.

Untuk mengelola bantuan dana pembelian mobil tersebut, BPKH menggandeng Lazismu PP Muhammadiyah sebagai mitra dan secara teknis dijalankan Lazismu DIY. “Dalam hal ini kami mendampingi mulai dari proses pengajuan, serah terima, sampai monev (monitoring evaluasi),” tutur Dr. Mahli dalam sambutannya.

Dr. Rahmat juga menyampaikan, “BPKH hadir melalui Program Kemaslahatan agar dapat memberikan manfaat pada umat.”

Dana program ini terpisah dari setoran awal dana haji sebesar Rp 147 triliun yang digunakan untuk kepentingan jamaah haji. Program Kemaslahatan memanfaatkan Dana Abadi Umat (DAU) yang kurang lebih sekitar Rp 3,6 triliun dan dimanfaatkan untuk kebutuhan umat.

DAU dikelola BPKH untuk berbagai program sosial ekonomi, peningkatan sarana ibadah, serta peningkatan kualitas fasilitas haji. Salah satu pemanfaatan adalah pengadaan mobil jenazah untuk Masjid Al-Marhamah.

Menurut H. Sugeng, mobil jenazah ini, selain dimanfaatkan jamaah Masjid Al-Marhamah, juga dapat digunakan oleh empat masjid lain di sekelilingnya.

Usai serah terima secara simbolis, dilakukan pemeriksaan kondisi mobil jenazah, termasuk kelengkapannya seperti sirene, lampu penyinaran malam hari, serta keranda besi portable yang semuanya berfungsi dengan baik.

Cahyono menjelaskan, setelah ada pengajuan, Lazismu DIY diminta oleh Lazismu Pusat untuk menjalankan seluruh prosesnya. Ini bukan pertama kalinya, beberapa waktu lalu Lazismu DIY melalui Lazismu Pusat juga dipercayai BPKH untuk mengelola program pembangunan Masjid Al-Ittihad di Jalan Kaliurang KM 14.

Selain dapat terus menjembatani infaq dan sedekah dari berbagai pihak, Cahyono berharap, ke depannya Lazismu mampu melakukan kerja sama dengan banyak lembaga. “Insya Allah Muhammadiyah melalui Lazismu akan terus menjalankan amanah dengan sebaik mungkin,” tambahnya. (*)

Wartawan: Ahimsa
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here