News

News

MediaMU.COM

May 8, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji K.H. Harun Abdi Manaf: Banggalah Menjadi Warga Muhammadiyah dan Pegawai AUM Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa

BDW Resmi sebagai Lembaga Keuangan Syari’ah Penerima Wakaf Uang

Serah terima akta ikrar wakaf pertama dari Badan Nazhir Wakaf PWM DIY kepada BPRS BDW selaku LKS PWU, Jum’at (15/10). Foto: Dzikril Firmansyah/mediamu.com

YOGYA – Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah Bangun Drajat Warga (BPRS BDW) melaunching BPRS BDW sebagai Lembaga Keuangan Syari’ah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU), Jumat (15/10). Acara berlangsung secara hybrid di Aula Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua PWM DIY dan Dewan Komisaris PT BPRS BDW, H. Gita Danupranata, S.E., M.M., Direktur Utama PT BPRS BDW, Dana Suswati, S.E., M.M., Ketua Badan Nazhir Wakaf Uang PWM DIY, Dr. Muhammad Shulthoni, Lc., M.A., dan Wakil Walikota Yogyakarta yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DIY, Drs. Heroe Poerwadi, M.A.

Gita Danupranata mengatakan, wakaf uang merupakan suatu hal baru bagi masyarakat. Sehingga, dengan hadirnya BPRS BDW sebagai BPRS kelima di Indonesia yang diberi izin sebagai LKS PWU, diharapkan dapat menambah edukasi masyarakat tentang wakaf uang.

“Semoga PT BPRS BDW sebagai LKS PWU bisa memberikan layanan terbaik untuk para wakif yang mempercayakan aset uangnya terutama pada Muhammadiyah,” katanya.

Gita menambahkan, selama ini masyarakat menyerahkan uang untuk dakwah melalui zakat atau memberikan wakaf melalui aset-aset tetap seperti tanah, gedung, dan sebagainya. Dengan adanya wakaf uang, masyarakat bisa mempercayakan aset uangnya untuk mendukung kebutuhan dakwah persyarikatan.

Sementara itu Muhammad Shulthoni menyampaikan beberapa pencerahan terkait uang wakaf. Ada dua macam, yakni dari wakaf tunai dan wakaf uang yang akan disalurkan berupa benda dan investasi lainnya.

“Pembahasan secara khusus mengenai wakaf uang sudah dilakukan dalam Muktamar khusus di Purwokerto tahun 1953,” paparnya.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk wakaf uang, bisa dilakukan melalui sistem online dan offline.

  1. Cara Offline, dengan urutan: Pertama: Datang ke LKS PWU dalam hal ini BPRS BDW. Kedua: Mengisi akta ikrar wakaf. Ketiga: Menyetorkan uang kepada bank.
  2. Cara Online. Melalui website milik Badan Nazhir Wakaf Uang PWM DIY wakafmu.org atau QRIS. Menurut Shulthoni, hal ini agar memudahkan para wakif untuk menyalurkan wakafnya dengan menggunakan virtual account.

Dana Suswati berharap, launching serta penandatanganan kerja sama dapat membantu aspek kehidupan sosial. Serta, membuka selebar-lebarnya bagi siapapun untuk menyalurkan wakaf melalui Badan Nazhir Wakaf Uang PWM DIY.

Sementara itu, Heroe Poerwadi mengapresiasi acara launching ini. “Saya berharap melalui acara launching ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkait ekonomi syariah, khususnya wakaf uang. Warga Muhammadiyah juga ikut serta menyosialisasikan hal ini,” katanya. (*)

 Wartawan: Dzikril Firmansyah Atha Ridhai
Editor: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here