News

News

MediaMU.COM

Jul 17, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
PCM Kalasan Jadikan Tahun Baru Hijriah Sebagai Momen Refleksi dan Penguatan Dakwah Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: Jika Otak Pintar dan Akhlak Baik Disatukan, Indonesia akan Maju Arif Jamali Muis: Center of Excellent Muhammadiyah Dimulai dari Gunungkidul Prihatin Kondisi Pengelolaan Sampah Ternate, Pemuda Lintas Iman Susun Rekomendasi untuk Pemerintah Ternate Guru Besar UAD Bicarakan Tantangan Kosmetik Halal di International Pharmacy Summer School UMY Ketua PPNI Bireuen Apresiasi Atas Berhasilnya Ummah Raih Akreditasi Baik Sekali  Dorong Peningkatan Ekonomi Umat, Lazismu Pusat Dan PWM Aceh Kerjasama Dengan Bank Danamon Syariah  Selamat Jalan Bu Ahang, Kami Semua Ikhlas PWA DIY Gelar EMKAES TOP, Upayakan Bersama Kebahagian Lansia Ibu Nahar Miladi Dimakamkan, Satu Lokasi dengan Mantan Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir Sampaikan Duka Cita atas Wafatnya Nahar Miladi Mahasiswa UMY Kembangkan Ekstrak Kulit Pohon Bangkal untuk Obati Kanker Payudara Anak Muda Mengaji: Inovasi AMM Depok dalam Kegiatan Mengaji untuk Gen-Z KABAR DUKA: Istri Sekretaris PWM DIY Meninggal Dunia  Gelar Pelatihan Jurnalistik, MPI DIY Siapkan Aktivis Media Muhammadiyah di Daerah dan Cabang Rayakan Milad ke-22 Tahun, Lazismu Siap Berkontribusi Pada Pembangunan Berkelanjutan Penuhi Undangan Dialog Yayasan Kristen, Haedar Nashir Bicara Gagasan Moderasi Beragama Agung Danarto: Muhammadiyah Butuh Kader Berkualitas Untuk Umat, Bangsa, dan Manusia Dalam Apel Akbar Nasional Kokam, Haedar Nashir Tegaskan Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Upayakan Penanganan Bullying di Kalangan Pelajar, PP IPM Gelar Sekolah Adil Gender

BDW Resmi sebagai Lembaga Keuangan Syari’ah Penerima Wakaf Uang

Serah terima akta ikrar wakaf pertama dari Badan Nazhir Wakaf PWM DIY kepada BPRS BDW selaku LKS PWU, Jum’at (15/10). Foto: Dzikril Firmansyah/mediamu.com

YOGYA – Bank Pembiayaan Rakyat Syari’ah Bangun Drajat Warga (BPRS BDW) melaunching BPRS BDW sebagai Lembaga Keuangan Syari’ah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU), Jumat (15/10). Acara berlangsung secara hybrid di Aula Gedung Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua PWM DIY dan Dewan Komisaris PT BPRS BDW, H. Gita Danupranata, S.E., M.M., Direktur Utama PT BPRS BDW, Dana Suswati, S.E., M.M., Ketua Badan Nazhir Wakaf Uang PWM DIY, Dr. Muhammad Shulthoni, Lc., M.A., dan Wakil Walikota Yogyakarta yang juga Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DIY, Drs. Heroe Poerwadi, M.A.

Gita Danupranata mengatakan, wakaf uang merupakan suatu hal baru bagi masyarakat. Sehingga, dengan hadirnya BPRS BDW sebagai BPRS kelima di Indonesia yang diberi izin sebagai LKS PWU, diharapkan dapat menambah edukasi masyarakat tentang wakaf uang.

“Semoga PT BPRS BDW sebagai LKS PWU bisa memberikan layanan terbaik untuk para wakif yang mempercayakan aset uangnya terutama pada Muhammadiyah,” katanya.

Gita menambahkan, selama ini masyarakat menyerahkan uang untuk dakwah melalui zakat atau memberikan wakaf melalui aset-aset tetap seperti tanah, gedung, dan sebagainya. Dengan adanya wakaf uang, masyarakat bisa mempercayakan aset uangnya untuk mendukung kebutuhan dakwah persyarikatan.

Sementara itu Muhammad Shulthoni menyampaikan beberapa pencerahan terkait uang wakaf. Ada dua macam, yakni dari wakaf tunai dan wakaf uang yang akan disalurkan berupa benda dan investasi lainnya.

“Pembahasan secara khusus mengenai wakaf uang sudah dilakukan dalam Muktamar khusus di Purwokerto tahun 1953,” paparnya.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk wakaf uang, bisa dilakukan melalui sistem online dan offline.

  1. Cara Offline, dengan urutan: Pertama: Datang ke LKS PWU dalam hal ini BPRS BDW. Kedua: Mengisi akta ikrar wakaf. Ketiga: Menyetorkan uang kepada bank.
  2. Cara Online. Melalui website milik Badan Nazhir Wakaf Uang PWM DIY wakafmu.org atau QRIS. Menurut Shulthoni, hal ini agar memudahkan para wakif untuk menyalurkan wakafnya dengan menggunakan virtual account.

Dana Suswati berharap, launching serta penandatanganan kerja sama dapat membantu aspek kehidupan sosial. Serta, membuka selebar-lebarnya bagi siapapun untuk menyalurkan wakaf melalui Badan Nazhir Wakaf Uang PWM DIY.

Sementara itu, Heroe Poerwadi mengapresiasi acara launching ini. “Saya berharap melalui acara launching ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkait ekonomi syariah, khususnya wakaf uang. Warga Muhammadiyah juga ikut serta menyosialisasikan hal ini,” katanya. (*)

 Wartawan: Dzikril Firmansyah Atha Ridhai
Editor: Affan Safani Adham

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here