News

News

MediaMU.COM

May 12, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Mie Lezatmu dan Mocaf Jadi Bukti Inovasi Cabang-Ranting Muhammadiyah dalam Dakwah Ekonomi PSHW UMY Amankan Tiket Menuju Babak 32 Besar Liga 3 Nasional Gelar Workshop Nasional, LPCRPM PP Siapkan Penguatan Cabang, Ranting, dan Masjid Mahasiswa UAD Tuntut Palestina Merdeka, Presiden BEM UAD: Negara Arab Jangan Cuma Peduli Minyak Saja! Ikut Aksi Bela Palestina, Rektor UAD: Anak Kecil Juga Pedih dengan Penderitaan Palestina Serukan Dukungan Palestina Merdeka, Dosen UAD: Pro Israel Hukumnya Haram Mughallazah Aksi Bela Palestina Menggema di Seluruh Kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah Nasyiatul Aisyiyah gelar ToT Fasilitator Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat 1000 Cahaya: Muhammadiyah Gerakkan Ranting Hingga Sekolah untuk Cegah Krisis Iklim Keluarga Alumni UAD Hadiri Syawalan: Taburkan Maaf, Sucikan Hati, Eratkan Tali Persaudaraan Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji K.H. Harun Abdi Manaf: Banggalah Menjadi Warga Muhammadiyah dan Pegawai AUM Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran

TIM PHP2D BEM FTI UAD dan BPP Samigaluh Adakan Sosialisasi Kemandirian Pangan

Foto: Ella Prasetya Ningrum

KULONPROGO – Pengabdian masyarakat merupakan wujud mahasiswa mengambil peran sebagai fasilitator dalam memberikan pembinaan dan pendampingan kepada masyarakat desa.

Sebagai salah satu dukungan dalam merealisasikan Tri Darma Perguruan Tinggi, Tim PHP2D (Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa) BEM FTI UAD menggandeng Balai Penyuluhan Pertanian Samigaluh, Kulonprogo, memberikan sosialisasi dengan tema “Upaya Pengentasan Kemiskinan di Kulonprogo Melalui Kemandirian Pangan Berbasis Pemberdayaan Masyarakat”.

Pernyataan tersebut disampaikan Suryono, S.T.P., Koordinator BPP Samigaluh, dalam rangka mendukung program Peningkatan Kemandirian Pangan Berbasis Integrated Faming oleh Tim PHP2D BEM FTI UAD.

Sebagai negara agraris yang mempunyai potensi tinggi terhadap sektor pertanian, Indonesia masih  mengalami masalah ketersediaan pangan. Di Kulonprogo, masih ada 18,3% (meliputi 95.865 jiwa) warga miskin yang ditandai: konsumsi pangan rendah ≤ 1.800 kkal/kpt/hr, ≥ 60% pendapatan untuk konsumsi pangan, stunting, dan kepemilikan lahan sawah ≤ 1.000 m2. Hal itu terkait dengan masalah pembangunan pedesaan dan sektor pertanian.

Tentang pemenuhan konsumsi, masyarakat menghadapi tantangan cukup besar yaitu jumlah penduduk  semakin banyak, dengan populasi menyebar dan cakupan geografis yang luas. Indonesia memerlukan ketersediaan pangan dalam jumlah mencukupi, terdistribusi merata sepanjang waktu dengan harga terjangkau, serta memenuhi kriteria kecukupan konsumsi. Salah satu dampak utama adalah pangan yang merupakan kebutuhan dasar manusia.

Desa Ngargosari merupakan desa di Kecamatan Samigaluh, Kulonprogo. Di desa ini terdapat banyak Kelompok Wanita Tani (KWT) dan juga kelompok ternak yang mengembangkan usaha budidaya di bidang sayur dan ternak kambing peranakan etawa. Potensi tersebut cukup baik karena didukung sumber daya alam melimpah. Akan tetapi masyarakat perlu mendapatkan pembinaan terkait strategi pemenuhan kebutuhan pangan lokal dan pengelolaan serta pemanfaatan dalam ternak kambing.

Oleh karena itu, masyarakat sasaran PHP2D di Desa Ngargosari mendapatkan binaan terkait strategi pemenuhan ketersediaan pangan. Tujuan kegiatan ini adalah membina masyarakat dalam meningkatkan ketersediaan dan cadangan pangan, mewujudkan ketahanan pangan ditingkat rumah tangga dan desa serta wadah pendampingan dalam pengembangan kebersihan kandang dan pelatihan kepada masyarakat dalam pemanfaatan kotoran kambing.

Kegiatan ini dilakukan pada 20 September 2021 dan salah satu rangkaian PHP2D dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Sosialisasi diikuti 17 peserta dari Kelompok Wanita Tani dan Kelompok Ternak serta 11 orang tim PHP2D BEM FTI UAD. Kegiatan berlangsung selama 150 menit di Balai Desa Ngargosari.

Suryono S.T.P. memaparkan, “Upaya pengentasan kemiskinan di Kulonprogo melaui kemandirian pangan berbasis pemberdayaan masyarakat harus dilaksanakan dengan mindset kuat, dan mengintegrasikan sistem ketersediaan pangan serta konsumsi pangan menuju kemandirian pangan yang berkelanjutan.”

Anton Yudhana, S.T., M.T., Ph.D., Dosen Pendamping, mengatakan bahwa mahasiswa adalah pemuda intelektual yang memiliki peran strategis untuk masa depan. Ini menjadi tolak ukur bersama dalam melangkah demi mewujudkan generasi yang produktif dan bermanfaat bagi sesama. (*)

Berita diterima mediamu.com dari Ella Prasetya Ningrum, Ketua Tim PHP2D BEM FTI UAD

Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here