News

News

MediaMU.COM

May 3, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

SLB Muhammadiyah Dekso Gelar Table Top Exercise Hadapi Pembelajaran Tatap Muka

Foto: MCCC PP

KULONPROGO – SLB Muhammadiyah Dekso, Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, melaksanakan Table Top Exercise (TTX) pembelajaran tatap muka dalam masa pandemi Covid-19, Jum’at (31/12). Kegiatan ini didukung Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah.

TTX dihadiri pejabat dan tamu undangan dari Dinas Pendidikan DIY, Dinas Kesehatan, Satgas Covid-19 dan BPBD Kulonprogo, Satgas Covid-19 Desa Banjarsari, guru, komite sekolah, serta orang tua/wali murid. Pemandu kegiatan adalah Budi Santosa dan Meita, fasilitator nasional program UBAH MDMC PP Muhammadiyah.

Selama ini SLB Muhammadiyah Dekso sudah menyiapkan protap dan SOP terkait pembelajaran di masa pandemi. Kegiatan ini untuk menguji kesiapan sekolah dari sisi pencegahan dan penanganan Covid-19 di lingkup internal dan bekerja sama dengan satgas Covid-19 Desa Banjarsari, Puskesmas Kalibawang, Satgas Covid-19, Dinas Pendidikan dan BPBD Kulonprogo, juga MDMC dan MCCC. 

Dokter Husnun Hendarto, Kasi Rujukan dan Pelayanan Khusus Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo, mengucapkan terima kasih karena terbantu dengan kegiatan ini.

Inisiasi SLB Muhammadiyah Dekso untuk menyusun SOP dan melaksanakan simulasi secara langsung bermanfaat dalam menghadapi berbagai hal yang mungkin bisa terjadi dalam masa pandemi. “Ini sangat bermanfaat untuk memutuskan mata rantai Covid-19,” kata Hendarto.

Eko Suratman, Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Kulonprogo, berpendapat sama. Kegiatan ini sangat positif dan diperlukan pemufakatan penyusunan SOP untuk pelaksanaan PTM (Pembelajaran Tatap Muka).

“Ini mungkin jadi percontohan untuk sekolah-sekolah lain, tidak hanya SLB. Di luar SLB pun, sekolah negeri swasta bisa meniru pola seperti ini. Artinya, perumusan SOP didiskusikan berbagai pihak terkait dalam penanganan Covid-19,” kata Eko.

Dari BPBD Kabupaten Kulonprogo, Joko Satyo Agus Nahrowi, juga menyambut baik kegiatan ini karena terkait SKB tiga menteri yang tahun 2022 mensyaratkan pembelajaran tatap muka 100%.

“Mungkin hal ini bisa dikembangkan untuk sekolahan yang lain, baik SD, SMP ataupun SMA agar mereka punya pegangan untuk pelaksanaan pembelajaran. Harapan kami, pencegahan penularan Covid-19 benar-benar dilakukan di semua lini, terutama di sekolah,” katanya. (*)

Berita ini diterima mediamu.com dari MCCC PP Muhammadiyah
Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here