News

News

MediaMU.COM

Jun 14, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Eco Bhinneka Muhammadiyah dan Majelis Sinode GPIB Perkuat Kerjasama Lestarikan Lingkungan GreenFaith x Eco Bhinneka Muhammadiyah Belajar Merawat Bumi Melalui Rumah Ibadah Saat Parkiran Basement PDM Jogja Disulap IPM DIY Jadi Tempat Nobar Timnas, Bawa Kemenangan untuk Garuda Pemilu Sukses, IMM DIY Dukung KPU DIY untuk Pilkada PCIM Tiongkok Bersama Anwar Abbas Kunjungi CIA, Jalin Silaturahmi dan Kerja Sama Gol Mahasiswa Muhammadiyah Antarkan Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026 Inovatif! Dosen UMY Kembangkan Rekayasa Teknologi untuk Olahraga Lempar Pisau Muhammadiyah Yakin Timnas Indonesia Bisa Lolos ke Piala Dunia 2026 Ibu-Ibu 'Aisyiyah Mergangsan Belajar Olah Mocaf Jadi Cemilan Sehat Bersama Faperta UMY MPM Pusat Inisiasi Kampung Nelayan Berkemajuan, Fokus Peningkatan Kualitas Hidup Keluarga Nelayan Perpustakaan UMY Raih Juara Instagram Terbaik di FPPTMA AWARDS 2024 PCA Ngampilan Semarakkan Milad ‘Aisyiyah ke-107 Dengan Rangkaian Syiar Dakwah Resmi Diumumkan, Siswa-siswi Kelas IX SMP Muhdasa Yogya Lulus 100% Dari Bazaar hingga Posbakum, PWA Aceh Sukses Gelar Milad ‘Aisyiyah ke-107 Lazismu UMY Raih Sertifikat ISO, Perdana Untuk Kantor Layanan Lazismu Ingat Dosa-dosa ke Lingkungan Hidup, DPP IMM Laksanakan Gerakan Nasional Menanam Pohon Ogah Mengurus Tambang! IMM Pilih Kelola Bank Sampah IBTimes.id Rayakan Milad ke-5: Merayakan Moderasi Beragama Jelang Iduladha, JagalMu Sleman Latih 30 Juru Sembelih Teknik Qurban Halal PWPM DIY Sambangi Pemuda Muhammadiyah Sleman, Ada Apa? 

Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman

YOGYA – Selama 107 tahun ‘Aisyiyah berdiri sudah puluhan bahkan ratusan amal usaha yang dilakukan dalam meneguhkan dakwah kemanusiaan. Persoalan kemanusiaan yang terjadi hari ini dan ke depan, masih menjadi tugas serius yang harus dijawab dalam perjalanannya.

Begitu disampaikan Rahmawati Husein, MCP., Ph.D. Ketua Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat (PP) ‘Aisyiyah. Rachmawati menjadi salah satu narasumber dalam talkshow Tasyakur Milad ‘Aisyiyah ke-107 Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah (PWA) DIY di Amphiteater Universitas Ahmad Dahlan (23/5).

Dalam paparannya, Rachmawati menjelaskan bahwa dakwah kemanusiaan yang diupayakan ‘Aisyiyah bersumber dari nilai kemanusiaan muhammadiyah. Nilai kemanusiaan ini diangkat dari teologi Al-Maun. K.H. Ahmad Dahlan orang yang pertama mempelopori gerakan ini dengan mengajar surat Al-Maun hingga 3 bulan, dari teori hingga ke gerakan nyata, mengangkat orang orang dari kemiskinan.

Dalam teologi Al-Maun, lanjut Rachmawati, kata “Yatim” itu tidak hanya diartikan sebagai ketidakpunyaan ibu atau bapak, tapi jiga ketidakpunyaan kepemilikan akan sesuatu, bahkan tidak memiliki perlindungan.

Keyatiman tersebut yang seharusnya bisa dientas dan coba Ahmad Dahlan perangi dalam dakwahnya. Inilah yang melatarbelakangi dakwah kemanusiaan ‘Aisyiyah, bahwa pada hakikatnya, manusia harus peduli pada keyatiman orang lain dalam masyarakatnya. Karena sejatinya hidup bermasyarakat adalah itu saling peduli dan memberdayakan.

Untuk bisa mencapai masyarakat yang saling peduli perlu dibenahi keimanan dalam diri setiap individu. Keimanan, dalam teologi Al-Maun, adalah pangkal. Keimanan kemudian dilanjutkan dengan ibadah yang benar. Barulah setelahnya timbul kepedulian terhadap sosial untuk menjadi masyarakat yang baik.

“secara normatif begitu, walaupun tidak semuanya. Nyatanya Indonesia masuk 3 besar negara dengan korupsi terbesar, meski sembilan puluh persen penduduk indonesia muslim,” kata Rachmawati.

Selain dalam al maun, kata Rachmawati, nilai kemanusiaan dan pembebasan akan kemiskinan dan keyatiman juga ada dalam Al-Bbalad. Kedua surat ini menjadi intisari gerakan dakwah kemanusiaan ‘Aisyiyah, yang menjadi semangat untuk mewujudkan masyarakat berkemajuan.

“Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah menganggap bahwa nilai-nilai itu adalah penggerak. Bukan nilai karena ingin dipuji, ingin posisi, atau ingin selfie,” ujarnya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here