News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Peneliti Senior BRIN: Generasi Muda Indonesia Harus Melek Politik!

dokumentasi Refleksi Akhir Tahun Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

YOGYA - Menjelang pesta demokrasi (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 2024 mendatang, serta melihat adanya pembajakan demokrasi termasuk demokrasi parlementer di negri ini, maka generasi muda harus memiliki kesadaran atau melek bagaimana situasi politik sekarang serta politik di zaman sebelumnya. Selain itu juga tidak membiarkan Republik ini dibangun oleh suatu Politik Dinasti yang akan mengancam rakyat Indonesia. Dengan begitu dapat bersatu untuk mempertahankan demokrasi yang sudah ada di Indonesia.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Prof. Ikrar Nusa Bhakti, Ph.D selaku peneliti senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dalam acara Refleksi Akhir Tahun yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Fisipol UMY)). Kegiatan yang dilaksanakan bekerjasama dengan Program Studi Ilmu Pemerintahan UMY, Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP), Majelis Hukum dan HAM (MHH) Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini digelae pada Kamis, (28/12) di Gedung  AR Fachruddin  A Lt.5 UMY. 

“Dalam sejarah politik Indonesia, semua perubahan politik itu terjadi dilakukan oleh mahasiswa dan anak-anak muda. Jadi kalian sebagai generasi muda, harus sadar ini bukan sekadar pertarungan politik semata, namun ini juga pertarungan gagasan," jelasnya.

Ikrar kemudian mempertanyakan sikap kaum muda menghadapi dinamika politik sekarang ini, apakah akan mempertahankan demokrasi, ataukah  membiarkan Republik ini dibangun oleh suatu politik dinasti yang berkuasa. Untuk menjawabnya, Ikrar berpesan agar kaum muda memperbanyak membaca buku dan membuka wawasan.

"Oleh karena itu hal ini harus diupayakan, jangan gara-gara Anda tidak tahu menahu bagaimana jaman sebelumnya justru jadi gelap politik.  Maka perbanyak membaca buku dan nonton, dengan begitu kita bisa tahu tentang politik Indonesia era orde lama, era kemerdekaan, era Soeharto itu dari membaca buku,” jelasnya. 

Berdasarkan data dari Freedom House, Indonesia merupakan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia setelah India dan Amerika. Pada tahun 2006-2013 Indonesia pernah meraih predikat sebagai  a full democratic state, namun mengalami penurunan sejak tahun 2014-2020 dengan kelemahan terutama pada aspek kebebasan sipil. Dalam hal ini Dr. phil. Ridho Al-Hamdi, S.Fil.I., MA selaku Ketua LHKP PP Muhammadiyah dan Wakil Dekan Fisipol UMY yang turut mengisi acara tersebut menyampaikan kritiknya terhadap otoritarianisme kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

“Jadi kalo berkaca dari annual reportnya freedom house ini justru di bawah kepemimpinan yang militeristik SBY Indonesia mampu mencapai full demokratis, tapi justru malah sebaliknya sejak 2014 berada di bawah pemerintahan kepresidenan sipil, dimana Jokowi sebagai lambang pemimpin sipil, yang seharusnya demokrasi di Indonesia jauh lebih baik, tapi pada kenyataannya justru di bawah kepemimpinan sipil, demokrasi Indonesia menjadi jauh lebih buruk terutama pada aspek kebebasan sipil. Hal ini membuktikan data tersebut yang menunjukkan bahwa kebebasan sipil di Indonesia ini bener-bener dikebiri,” kritik Ridho. 

Lebih lanjut disampaikan Ridho bahwa realitas saat ini, sistem pemilu dengan model proporsional daftar terbuka menjadikan kompetisi terbuka antar Calon Legislatif (Caleg), sehingga politik  uang merajalela  di kalangan masyarakat umum. Lemahnya Regulasi  UU Pemilu No.7/2017 dan UU Partai politik 2008/2011, dan pada faktanya tidak adanya regulasi yang mengatur tentang perlindungan terhadap pelapor dan saksi atas perilaku politik uang di Indonesia turut memperburuk situasi.

"Secara politik itu banyak tapi fakta hukumnya sangat sedikit sekali. Seandainya ada 1000 fakta politik hukum mungkin yang bisa diproses hukum hanya 10 kasus, karna yang lainnya dari 990 tidak dilakukan oleh penyelenggara, peserta pemilu dan tim sukses yang terdaftar. Atau fakta lain buktinya tidak memenuhi karena masyarakat pun tidak mendapatkan perlindungan secara hukum,” ucapnya. 

Selain itu menurut Ridho proses  rekrutment komisioner  Komisi Pemilihan Umum (KPU)- Badan Pengawas Pemilu jauh dari profesionalitas dan transparansi. Intervensi sebuah kelompok mengalahkan prinsip profesionalitas. Hasilnya mereka yang terpilih berhutang budi dan punya beban moral yang berdampak pada kapasitas lemah dalam menguasai regulasi, integritas buruk, dan tidak ada keberanian untuk menindak setiap pelanggaran pemilu termasuk politik uang. 

"Perlu evaluasi serius terhadap sistem pemilu tersebut dan hilangnya etika kepemimpinan dari panggung tanah air. Selain dari pada itu etika juga harus dijaga untuk netralitas birokrasi, ASN, militer (TNI-Polri) dan pejabat negara di berbagai tingkatan. Etika harus di atas hukum karena dia yang melahirkan peradaban besar. Maka dari itu pentingnya peran penggerak literasi politik terhadap generasi muda agar suatu hari nanti dapat membawa kembali demokrasi yang bersih di Indonesia," tutup Ridho.

Berita ini diterima mediamu.com dari rilis pers BHP UMY.
Wartawan: Fatan Asshidqi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here