News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim

Panitia Pusat Siap Menggelar Muktamar 48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah

Sumber foto: Suara Muhammadiyah

YOGYAKARTA Tanwir Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah pada 30 Juni 2022 telah memutuskan Muktamar ke-48 akan diselenggarakan pada 18-20 November 2022 di Kota Surakarta secara luring. Muktamar akan diawali dengan sidang Tanwir pada tanggal 18 November, sementara pembukaan diadakan pada 19 November.

Dengan segala ragam agenda pendukungnya, Muktamar diharapkan menjadi momentum syiar dan kegembiraan warga Muhammadiyah saat menyambut hajar terbesar persyarikatan tersebut, seperti yang diutarakan oleh Muhammad Nurul Yamin selaku Sekretaris Panitia Pusat, dalam Doorstop Afiliasi #1, Rabu (3/8). Lewat telekonferensi via Zoom Meeting, ia berharap warga Muhammadiyah tetap menyambutnya dengan semarak penuh syiar dan gembira.

Terlebih, Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah sebelumnya telah mengalami penundaan dari yang seharusnya diselenggarakan pada 2020, diundur hingga 2022 disebabkan pandemi covid-19. Hal itu membuat kerinduan warga Muhammadiyah akan Muktamar sudah membuncah.

“Karena bukan saja agenda rutin organisasi, tetapi Muktamar telah menjadi ‘hari raya’ bagi warga Muhammadiyah yang selalu disambut dengan penuh kebersamaan dan ukhuwah yang sangat mendalam, selain masyarakat sudah cukup lama menderita akibat terdampak pandemi,” ucap Yamin.

Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) itu juga menuturkan, Muktamar memiliki ikatan yang sangat kuat bagi warga persyarikatan, baik secara sosiologis, ideologis dan historis, warga persyarikatan tidak bisa dilepas dari agenda Muktamar.. Ia melihat semarak Muktamar sudah dirasakan denyutnya. Namun, Yamin mengingatkan, dikarenakan situasi pandemi belum sepenuhnya usai, warga diwanti-wanti agar seluruh aktivitas syiar Muktamar dilakukan dengan disiplin protokol kesehatan.

Syiar Muktamar, selain ada di tingkat pusat hingga ranting juga sampai ke komunitas-komunitas masyarakat. Aktivitas syiar sepenuhnya diserahkan ke kreativitas masing-masing, sehingga bisa optimal mengeksplorasi kegiatan. Baik yang bersifat keagamaan, sosial, olahraga, iptek dan bidang-bidang lain yang intinya menggembirakan muktamar. Pimpinan Pusat turut merancang aktivitas yang disebut sebagai agenda pendukung Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Terkait pelaksanaan Muktamar, Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi pusat kegiatan Muktamar Muhammadiyah, sedangkan Muktamar Aisyiyah akan berlangsung di Kampus UMS. Pembukaan akan berlangsung di Stadion Manahan dan beberapa agenda pendukung menempati De Tjolomadoe

Yamin juga berujar bahwa Muktamar tetap dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Oleh karena itu, panitia diharap tak kenal lelah untuk mengingatkan agar para peserta, penggembira, serta warga sekitar yang datang ke lokasi Muktamar untuk tetap patuh mengikuti protokol kesehatan.

“Kami (panitia) tidak lelah mengingatkan kepada yang akan datang ke muktamar untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan karena pandemi covid-19 belum sepenuhnya usai, agar kesehatan kita semua terjaga, sehingga seperti amanat Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Haedar Nashir, bahwa kita datang dan pulang Muktamar dengan gembira dan tetap dalam keadaan sehat wal afiat”. tandas Yamin. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here