News

News

MediaMU.COM

May 6, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Perguruan Tinggi Muhammadiyah - Aisyiyah Bakal Gelar Aksi Serentak Bela Palestina Perkuat Dakwah, Warga Muhammadiyah Bantul Hadiri Syawalan dan Pelepasan Ratusan Jamaah Haji Gelar Syawalan dan Silatnas, IPM Luncurkan Inovasi dan Rencana Masa Depan Menjanjikan Syawalan PCM Kalasan Bahas Diplomasi Makanan Sebagai Upaya Melenturkan Dakwah Berkemajuan Syawalan PCM Gamping, dr. Agus Taufiqurrahman: Dakwah Muhammadiyah Tidak Selesai di Lisan Pentas Dakwah Seni Budaya Meriahkan Syawalan PCM Gamping Dalam Syawalan dan Family Gathering, IMM UGM Bersatu dan Bersilaturahmi Resmi Terpilih Jadi DPD RI, Syauqi Soeratno Siap Bawa Muhammadiyah dan Jogja Lebih Istimewa Sukses Antar Syauqi Soeratno ke DPD RI, PWM DIY Songsong Pilkada 2024 Ahmad Syauqi Soeratno Jadi Senator DIY Terpilih, Relawan Tasyakuran Besar-besaran Kembali Rebut 3 Poin di Liga 3, PSHW UMY Pertahankan Ritme Permainan Timnas U-23 Gagal Kalahkan Irak, Haedar Nashir: Masih Ada Asa Suara Muhammadiyah Buka SM Farm, Ratusan Ekor Sapi Langsung Ludes Dipesan Ratusan Baliho Ketua PWPM DIY Penuhi Titik Strategis Gunungkidul, Isyarat Maju Pilkada Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah

MDMC PWM DIY Beri Edukasi Bencana untuk Siswa SDM Prambanan

SLEMAN – Lembaga Resiliensi Bencana/MDMC PWM DIY memberikan edukasi bencana gempa bumi kepada siswa-siswi SD Muhammadiyah Prambanan. Kegiatan dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun pelajaran 2023/2024 ini dilaksanakan di halaman SD Muhammadiyah Prambanan, Selasa (11/7).

Tema yang diangkat adalah Kesiapsiagaan dan Tanggap Bencana Alam, diikuti 378 siswa (225 perempuan dan 135 laki-laki) kelas 1-6, mulai pukul 08.00-11.00 WIB.

Lubab, guru SD Muhammadiyah Prambanan, mengatakan bahwa pemberian materi tentang kesiapsiagaan dan tanggap bencana alam ini diberikan agar peserta didik dapat mengenali lingkungan sekolah mereka sampai pada potensi ancaman yang ada.

SD Muhammadiyah Prambanan menggandeng MDMC DIY karena mereka yang lebih paham dan konsen dalam upaya penanggulangan bencana baik pra bencana, saat bencana, maupun pasca bencana. Terlebih tanggal 30 Juni 2023 Bantul kembali diguncang gempa dengan magnitudo 6,4 SR yang menimbulkan kepanikan di masyarakat.

“Sehingga materi tentang kebencanaan terutama gempa bumi sangat penting dan bermanfaat bagi siswa agar bisa bertindak yang benar saat terjadi gempa,” tutur Lubab.

Dalam kegiatan ini, LRB DIY memberikan edukasi kepada peserta didik tentang berbagai potensi ancaman bencana terutama gempa bumi. Mulai dari apa yang harus dilakukan ketika terjadi gempa, mengidentifikasi tempat berlindung, hingga keluar kelas untuk menuju titik kumpul.

Ir. Hermawan Sulaiman, anggota Bidang Mitigasi dan Kesiapsiagaan LRB DIY, menuturkan bahwa dalam kegiatan ini LRB menekankan pentingnya pemahaman bagi peserta didik untuk melakukan tindakan yang benar ketika terjadi gempa baik di sekolah maupun di rumah.

“Anak-anak masih memiliki daya ingat kuat sehingga diharapkan dengan edukasi kebencanaan sejak dini mereka menularkan ke keluarga dan lingkungan. Dengan pemahaman sejak dini, di usia dewasa mereka bisa bercerita dan mendiseminasi kepada adik-adik kelas,” jelasnya.

Konsen LRB DIY terhadap terwujudnya Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) terutama di sekolah-sekolah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah akan terus ditingkatkan. Hal ini sejalan dengan program kerja yang telah disusun dalam Rakerpim LRB PWM DIY dan telah dipaparkan dalam Rakerpim PWM DIY. (*)


Berita ini diterima mediamu.com dari Sulistyo (Sekretaris LRB DIY)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here