News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

Kata Ketum DPP IMM Soal Tema Muktamar XX: Bersatu Menuju Indonesia Berdaulat

PALEMBANG - Muktamar ke-XX Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang dihelat di Komplek Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan (1-3 Maret 2024) kali ini mengangkat tema "Bersatu Menuju Indonesia Berdaulat". Dalam sambutan yang disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM), Abdul Musawir Yahya, tema ini dipilih setelah melewati perenungan mendalam dan diskusi panjang.

“Sebagai generasi intelektual muda, pembaharu juga penerus bangsa yang peka terhadat keadaan masyarakat, tema ini kami hadirkan sebagai spirit untuk terus memperkuat berkontribusi IMM bagi nusa dan bangsa,” ungkap Abdul Sabtu (1/3/2024) malam di hadapan Presiden Joko Widodo beserta beberapa jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir.

Abdul juga menyatakan apresiasi yang tinggi pada pemerintahan Presiden Joko Widodo, yang menurutnya berhidmat dengan sepenuh hati untuk kepentingan bangsa kita. Langkah strategis yang dilakukan oleh Pak Jokowi beserta para jajaran kabinet untuk menggenjot hilirisasi juga disoroti sebagai contoh nyata dari semangat berdaulat.

Hilirisasi, yang sering disebut downstreaming atau value-adding, merupakan upaya meredam ekspor bahan mentah dan sebaliknya mendorong industri domestik untuk menggunakan bahan tersebut supaya meningkatkan nilai tambah domestik, sembari menciptakan lapangan kerja. Dalam hal ini, hilirisasi bisa kita sebut sebagai upaya membangun kedaulatan bangsa dari sektor kebijakan ekonomi.

Abdul juga mengingatkan tentang gagasan Bung Karno dengan TRI SAKTI. Dalam pidato peringatan 17 Agustus 1964, Presiden Soekarno menyampaikan gagasan tentang Tri Sakti, yaitu: Berdaulat dalam politik, Berdikari dalam ekonomi, dan Berkepribadian dalam berkebudayaan. 

Gagasan ini dipicu sebab pengalaman kolonialisme di Indonesia yang berdampak pada rusaknya mental bangsa, sistem perekonomian yang tergantung pada pasokan asing, serta mental terjajah yang menggerus budaya bangsa sehingga melupakan semangat gotong royong yang menjadi modal sosial dalam meneguhkan solidaritas politik maupun ekonomi Indonesia.

“Pada akhirnya, Muktamar ke-XX Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah tidak hanya menjadi forum untuk mengangkat tema "Bersatu Menuju Indonesia Berdaulat", tetapi juga menjadi momentum untuk mengingatkan kembali nilai-nilai kebangsaan yang telah ditanamkan oleh para pendahulu, serta meneguhkan tekad generasi muda untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara,” pungkas Abdul. 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here