News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Kata Ketum DPP IMM Soal Tema Muktamar XX: Bersatu Menuju Indonesia Berdaulat

PALEMBANG - Muktamar ke-XX Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) yang dihelat di Komplek Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan (1-3 Maret 2024) kali ini mengangkat tema "Bersatu Menuju Indonesia Berdaulat". Dalam sambutan yang disampaikan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM), Abdul Musawir Yahya, tema ini dipilih setelah melewati perenungan mendalam dan diskusi panjang.

“Sebagai generasi intelektual muda, pembaharu juga penerus bangsa yang peka terhadat keadaan masyarakat, tema ini kami hadirkan sebagai spirit untuk terus memperkuat berkontribusi IMM bagi nusa dan bangsa,” ungkap Abdul Sabtu (1/3/2024) malam di hadapan Presiden Joko Widodo beserta beberapa jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir.

Abdul juga menyatakan apresiasi yang tinggi pada pemerintahan Presiden Joko Widodo, yang menurutnya berhidmat dengan sepenuh hati untuk kepentingan bangsa kita. Langkah strategis yang dilakukan oleh Pak Jokowi beserta para jajaran kabinet untuk menggenjot hilirisasi juga disoroti sebagai contoh nyata dari semangat berdaulat.

Hilirisasi, yang sering disebut downstreaming atau value-adding, merupakan upaya meredam ekspor bahan mentah dan sebaliknya mendorong industri domestik untuk menggunakan bahan tersebut supaya meningkatkan nilai tambah domestik, sembari menciptakan lapangan kerja. Dalam hal ini, hilirisasi bisa kita sebut sebagai upaya membangun kedaulatan bangsa dari sektor kebijakan ekonomi.

Abdul juga mengingatkan tentang gagasan Bung Karno dengan TRI SAKTI. Dalam pidato peringatan 17 Agustus 1964, Presiden Soekarno menyampaikan gagasan tentang Tri Sakti, yaitu: Berdaulat dalam politik, Berdikari dalam ekonomi, dan Berkepribadian dalam berkebudayaan. 

Gagasan ini dipicu sebab pengalaman kolonialisme di Indonesia yang berdampak pada rusaknya mental bangsa, sistem perekonomian yang tergantung pada pasokan asing, serta mental terjajah yang menggerus budaya bangsa sehingga melupakan semangat gotong royong yang menjadi modal sosial dalam meneguhkan solidaritas politik maupun ekonomi Indonesia.

“Pada akhirnya, Muktamar ke-XX Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah tidak hanya menjadi forum untuk mengangkat tema "Bersatu Menuju Indonesia Berdaulat", tetapi juga menjadi momentum untuk mengingatkan kembali nilai-nilai kebangsaan yang telah ditanamkan oleh para pendahulu, serta meneguhkan tekad generasi muda untuk berkontribusi bagi kemajuan bangsa dan negara,” pungkas Abdul. 

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here