News

News

MediaMU.COM

May 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Haedar Nashir: Muhammadiyah Ada Karena Panggilan Ilahi, Tak Akan Lelah Bangun Peradaban Timur Tengah Memanas, Dubes RI untuk Lebanon Soroti Dampak Bagi Stabilitas Global MTT PWM DIY Gelar Pelatihan Penentuan Arah Kiblat Metode Rashdul Qiblat Resmi Dikukuhkan, Dua Guru Besar UMY Teliti Anomali Psikologis Pelajar Revisi UU Penyiaran Mengkhawatirkan, Ilmu Komunikasi UMY Serukan Penghentian Perkuat Kolaborasi Internasional, UMY Teken MoU Dengan Provinsi Tawi-Tawi, Filipina Dosen UMY Raih Penghargaan Terbaik 1 Bidang Kesehatan dalam Anugerah Academic Leader 2024 Tasyakur Milad 107 ‘Aisyiyah, PWM DIY Harap ‘Aisyiyah Punya TK ABA Unggulan Ratusan Kader ‘Aisyiyah DIY Hadiri Tasyakur Milad ke-107: Refleksi Perjalanan Panjang ‘Aisyiyah Ridwan Furqoni Dukung Dakwah Inklusi ‘Aisyiyah untuk Jangkau Semua Kalangan Rachmawati Husein: Dakwah Kemanusiaan ‘Aisyiyah adalah Upaya Mengentaskan Keyatiman Dosen Ilmu Pemerintahan UMY: Muhammadiyah Dibutuhkan Dalam Penanganan Isu Kemanusiaan Sah! Inilah Susunan Personel DPP IMM Periode 2024-2026 Soroti Fenomena Feminisida, Tri Hastuti: 'Aisyiyah Dorong Relasi Sosial Tanpa Kekerasan UMY Kembali Gelar Kampanye Kesehatan Mental “Stop Bullying dan Kekerasan Seksual” Kolaborasi Lazismu, MPKU, dan USAID Sediakan Rumah Singgah bagi Ibu Hamil Pesan Haedar Nashir di Hari Kebangkitan Nasional: Momentum Menegakkan Kedaulatan Indonesia Tidak Biasa! Milad 107 Aisyiyah Diperingati dengan Berlari Bareng Sejauh 10,7 Km Kenal Dekat dengan PRM UGM: PRM Berbasis PTN yang Pertama di Yogya Inilah Pentingnya Keberadaan Ranting untuk Dakwah Muhammadiyah

Ini Pesan Penting Ketua PWM DIY Untuk Persatuan dan Ukhuwah Bangsa

YOGYA - Persatuan bangsa pasca-pemilu 2024 akan diuji dan dihadapkan lagi dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada bulan Oktober mendatang. Untuk itu diperlukan keseriusan dalam menjaga ukhuwah yang sudah terjalin dan diuji lewat Pemilu edisi sebelumnya.

Demikian disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY, Dr. H Muhammad Ikhwan Ahada, SAg., MA, dalam Pengajian Ramadan 1445 H Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Sabtu (16/3). Pada kesempatan tersebut Ikhwan menyoroti makna ukhuwah (persaudaraan) sebagai pondasi utama dalam kehidupan sosial masyarakat.

Ikhwan menjelaskan bahwa ukhuwah merupakan prasyarat penting dalam mencapai cita-cita bersama di dunia ini. Menurutnya, ukhuwah memiliki makna yang luas, mulai dari saudara kandung hingga persaudaraan yang terbentuk melalui kesamaan akidah, nasab, keyakinan, bahkan keterkaitan dalam konteks negara.

"Artinya persoalan sosial ini tidak boleh kita kesampingkan sehingga begitu pentingnya persoalan ini menjadi prasyarat kita semuanya nanti akan mengambil sesuatu yang kita impikan di dunia ini," katanya seperti dilansir muhammadiyah.or.id.

Dalam konteks Islam, ukhuwah merupakan kemampuan untuk terhubung dengan umat Islam lainnya, sebuah konsep yang ditegaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Hujurat ayat 10. Ikhwan menekankan bahwa menjaga keutuhan ukhuwah, terutama dalam konteks kenegaraan, sangat penting untuk mencegah perpecahan dan permusuhan di tengah masyarakat.

"Maka ikatan persaudaraan yang dihubungkan dengan samanya keturunan, samanya nasab, keyakinan, atau bahkan teritorial (negara), maka sesungguhnya tidak ada persoalan bahwa kita semuanya hidup di dunia memang satu dengan yang lain ikatannya adalah persaudaraan," katanya.

Ikhwan yang juga Wakil Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini, kemudian mengajak seluruh warga bangsa untuk merangkul ukhuwah sebagai landasan untuk menciptakan keharmonisan dan kedamaian dalam kehidupan bersama. Ramadan dianggap sebagai momen penting untuk memperkuat ukhuwah ini, sehingga bangsa ini dapat hidup dalam kedamaian dan harmoni meskipun berbeda-beda.

"Maka, oleh karena itu, mari jadikan momentum Ramadan ini memacu kita agar bisa saling merekatkan Ukhuwah. Jangan sampai bangsa ini saling bermusuhan dan benci karena perbedaan. Tetapi rangkullah dan gandeng bersama seluruh warga masyarakat agar dapat hidup damai. Ini yang penting untuk kita perhatikan secara seksama," tandasnya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here