News

News

MediaMU.COM

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng

Abdul Mu'ti: Pondasi Suatu Bangsa Adalah Keluarga

YOGYA - Berbicara tentang suatu bangsa dan negara yang utama adalah keluarga sebagai pondasi utama nya. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr H Abdul Mu’ti, MEd dalam Talkshow Parenting Muhammadiyah Jogja Expo (MJE) #3 di Jogja Expo Center (JEC), Banguntapan, Bantul Sabtu (25/11).

Menurut Mu'ti keluarga yang menjadi peran penting di dalam generasi negara dan bangsa yang memiliki kualitas yang baik dan bisa diperhitungkan.

Abdul Mu'ti dalam materinya tentang keluarga ini membagi menjadi dua yaitu generasi nasabiyah dan generasi Diniyah. Yang masing-masing dari kategori ini memiliki hubungannya dengan keluarga dan generasi suatu bangsa dan agama.

"Pada generasi masa kini merupakan putusnya sebuah generasi ketika tidak memiliki anak" ucap Sekretaris PP Muhammadiyah. Hal ini yang bisa merancang gue merasa suatu bangsa dan negara khususnya bagi kaum muslimin.

Untuk generasi dunia itu merupakan keterputusan sebuah generasi secara agama yang di mana ketika antara orang tua dengan seorang anak itu sudah beda agama dalam artian beda aqidah, yang kedua ketika Islamnya on atau off , selanjutnya masih memiliki aqidah tapi sudah tidak menjadi tokoh lagi.

Dalam risalah Islam berkemajuan Prof Abdul Mu'ti mengungkapkan bahwa hubungan dengan keluarga maka kita akan mulai dengan implementasi dari keluarga-keluarga yang berkemajuan juga"

Ukuran keluarga berkemajuan menurut Muhammadiyah adalah keluarga yang di dalamnya ada ketenangan ada kebahagiaan dan relasi yang sangat kuat dan dekat antara anggota keluarga.

Tak hanya itu, keluarga berkemajuan memiliki akhlak yang baik. Akhlak dalam keluarga sangat penting bagi masa depan anak-anaknya. Karena mendidik dengan akhlak buruk, maka dapat dipastikan masa depan anak juga akan buruk. “Akhlak itu penting. Dan itu menurut saya sesuatu yang sekarang ini harus kita utamakan. Karena erosi akhlak, itu tantangannya luar biasa,” tuturnya.

Dan, keluarga berkemajuan harus menjadi lokus untuk menggerakkan keluarga yang lain. Yakni memiliki rasa peduli kepada sesama masyarakat. Bukan sebaliknya, tidak peduli dengan masyarakat yang tengah mengalami kesulitan. Keluarga berkemajuan kaitannya dengan RIB adalah keluarga yang memang menjadi teladan, tetapi juga bisa menjadi penggerak untuk melakukan perubahan dan perbaikan dalam kehidupan di masyarakat.

Wartawan : Muhammad Fajrul Falaq

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here