News

News

MediaMU.COM

May 2, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan

Ternyata Ini Fakta Menarik dari Shalat Lail Menurut Asep Shalahuddin

Kursus Intensif Mubaligh Muhammadiyah bersama Asep Shalahuddin. Foto: Dok. MPI PDM Sleman

SLEMAN - Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Sleman menyelenggarakan Kursus Intensif Mubaligh Muhammadiyah (KIMM), pada Sabtu (2/3) pukul 08.30 sampai 11.30 WIB. Bertempat di Ruang Lab SMK Muhammadiyah 2 Sleman, kursus diikuti oleh 60 peserta dari berbagai cabang se-Kabupaten Sleman. 

Kursus ini didasari adanya fakta di lapangan, bahwa produk-produk pemikiran persyarikatan seperti HPT, Fatwa Tarjih dan lain-lain, semestinya telah tersosialisasi dengan baik di kalangan warga Muhammadiyah.

Namun sering muncul pertanyaan dari warga Muhammadiyah mengenai masalah penting tertentu, sedangkan masalah itu telah ada jawabnya di dalam produk-produk persyarikatan tersebut. Maka, diperlukan forum kajian keislaman dalam format kursus singkat, serta dilakukan secara intensif dan berkala.

“Lewat kursus ini peserta diajak mengkaji suatu topik keislaman secara utuh dan tuntas, untuk kemudian disebarluaskan kepada warga Muhammadiyah serta umat Islam pada umumnya," kata ketua Majelis Tabligh PDM Sleman, Wildan Wahied, S.H.I. 

Secara khusus, KIMM juga bertujuan untuk memahamkan para mubaligh terhadap masalah keislaman yang menjadi kekhasan manhaj Muhammadiyah. Misalnya masalah hisab haqiqi wujudul hilal, shalat Tarawih 4-4-3, shalat iftitah dalam pengamalan di bulan Ramadhan. 

Acara KIMM ini menghadirkan Asep Shalahuddin, S. Ag., M.Pd.I. dari Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Dalam makalah yang berjudul “Shalat Lail dan Permasalahannya”, pria asal Garut ini menuturkan bahwa shalat lail disebut juga tahajjud, witir, qiyamu lail ataupun qiyamu Ramadhan.

"Adapun mengenai jumlah rakaat sholat lail, 11 rakaat, bwrdasarkan hadits Riwayat Abu Salamah bin Abdirrahman ketika bertanya kepada ‘Aisyah. Sedangkan mengenai urutan rakaat, ada 10 cara (Tanya Jawab Agama 3, 107-115). Namun, secara umum yang digunakan adalah 4-4-3," kata Asep. 

Asep mengingatkan kepada takmir masjid binaan Muhammadiyah agar di saat memulai Ramadhan tak hanya mengumumkan kegiatan Ramadhan saja, namun yang lebih penting menjelaskan tata cara pelaksanaan shalat lail ataupun shalat tarwih.

"Dimulai dengan shalat iftitah yang ringan tetapi bukan cepat, boleh sendiri maupun berjamaah. Kemudian shalat tarwih yang dilakukan dengan tetap tumakninah dan diselingi istirahat," paparnya. 

Berita ini diterima Mediamu dari MPI PDM Sleman

Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here