News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah Agus Taufiqurrahman: RS Muhammadiyah Berazaskan Kasih Sayang, Berpihak Pada Dhuafa

'Aisyiyah Dorong Kompetensi Guru PAUD Agar Mencapai Standar Berkemajuan

YOGYA – Diyah Puspitarini, Sekretaris Pimpinan Pusat 'Aisyiyah, memberikan arahan kepada mahasiswa calon guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), menekankan pentingnya mereka untuk mengembangkan keterampilan hingga mencapai standar Guru PAUD yang Berkemajuan.

Menurut Diyah, Guru PAUD yang Berkemajuan adalah mereka yang memiliki keahlian beragam, mampu menggunakan teknik komunikasi efektif, dan memiliki kepekaan sosial tinggi. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengatasi sejumlah tantangan yang dihadapi oleh guru PAUD, seperti kesenjangan literasi, kesulitan belajar siswa, dan membangun hubungan positif dengan orang tua siswa.

Diyah, yang juga menjabat sebagai Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia Republik Indonesia (KPAI RI) periode 2022-2027, menyoroti perhatian 'Aisyiyah terhadap peningkatan mutu dan kualitas anak didik. Ia mengingatkan bahwa organisasi perempuan 'Aisyiyah telah mengelola sekitar 20.000 TK/PAUD selama hampir satu abad.

Keputusan Muktamar 'Aisyiyah ke-48 menegaskan pentingnya Indonesia memiliki pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) berkualitas, terutama dalam era revolusi industri 4.0 dan menuju 5.0, di mana paradigma pembelajaran baru menuntut peran guru tidak hanya sebagai pemindah pengetahuan, tetapi juga sebagai pembawa nilai-nilai internal.

"Guru PAUD harus memiliki kemampuan multifungsi sebagai pendidik, pengasuh, pendisiplin, dan teladan dalam kebaikan dan kesabaran," ujarnya dalam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta, Ahad (3/12).

Sementara itu, Desti Pujianti, Kepala Program Studi PG-PAUD UMP, menegaskan komitmen untuk memperjuangkan kesejahteraan guru PAUD bersama Persatuan Perempuan 'Aisyiyah (PP Aisyiyah) dan KPAI RI. Ia menyoroti perlunya pemerintah memberikan perhatian serius terhadap peran guru PAUD dalam membimbing anak-anak usia dini, mengingat hal ini merupakan investasi untuk masa depan generasi bangsa.

"Acara KKL ini dihadiri oleh mahasiswa Prodi PG-PAUD UMP yang dengan antusias mengikuti pemaparan dan diskusi mengenai perkembangan terkini dalam dunia pendidikan anak usia dini. Semangat untuk meningkatkan kualitas pendidikan PAUD pun semakin membara, terutama dengan adanya wawasan dari narasumber yang telah berpengalaman dalam bidang pendidikan dan perlindungan anak," paparnya.

Wartawan: Fatan Asshidqi

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here