News

News

MediaMU.COM

May 2, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Luar Biasa! 926 Guru PAUD/TK ABA Hadir di Silaturahim Keluarga Besar IGABA Sleman Demam Timnas, 200 Titik Pimpinan dan Amal Usaha Muhammadiyah Gelar Nobar PCIM Tiongkok Gelar Kajian Syawal Bersama Din Syamsuddin, Kuatkan Dakwah Melalui Diaspora Timnas Indonesia Kalah Atas Uzbekistan, Haedar Nashir Beri Semangat: Kalian Pahlawan Bangsa Tanpa Mahkota! Ramai Gelar Nobar Timnas U-23, Dosen UMY Beri Penjelasan Begini Rektor Berharap PSHW UMY Jadi Kebanggan Pemuda dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Amanatkan Jaga Tradisi Syawalan, Haedar Nashir: Identitas Kita Sebagai Bangsa Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Netral dalam Politik, Ingatkan Semua Pihak Berintrospeksi Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan

Musyda Ke-13 Bantul Rampung, Arba Riksawan Qomaru Sebagai Ketua Baru

BANTUL – Setelah berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Ahad (18-19/3), Musyawarah Daerah (Musyda) ke-13 Muhammadiyah Kabupaten Bantul telah merampungkan seluruh agendanya di Komplek Kelurahan Donotirto, Kretek, Bantul. Mulai dari pembukaan, laporan pertanggungjawaban, pembahasan program, pemilihan, hingga penutupan diikuti dengan baik oleh segenap anggota Musyda sehingga berjalan dengan lancar.

Termasuk pada sesi pemilihan, juga berlangsung tertib dan cepat dengan mekanisme e-voting berkat dukungan teknis dari SMK Muhammadiyah 1 Bantul dan SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Tercatat, sebanyak 277 pemilih menggunakan hak pilihnya sedangkan 24 pemilih tidak hadir.

Berikut hasil pemilihan anggota Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul periode 2022-2027:

  • Arba Riksawan Qomaru (201 suara)
  • Aris Samsugito (174)
  • Totok Sudarto (147)
  • Sahari (144)
  • Saebani (131)
  • Wiranthi Prastomo (119)
  • Sugeng Prihatin (113)
  • Yusuf Fuad (108)
  • Suwardiman Anwar Huda (105)
  • Bambang Inanta (98)
  • Suwandi Danu Subroto (98)
  • Purwana (96)
  • Sumarna (88)

Selanjutnya, ke-13 anggota terpilih melakukan sidang tertutup untuk memilih Ketua dan Sekretaris. Hasilnya, Arba Riksawan Qomaru, S.E. diamanahkan sebagai Ketua PDM Kabupaten Bantul periode 2022-2027 bersama dengan Aris Samsugito, S.Ag. sebagai Sekretaris.

Di saat yang bersamaan, Musyda ke-13 ‘Aisyiyah Bantul juga menetapkan Farida Ulfah Ma’rifah, S.H. sebagai Ketua dan Dra. Arifah Nur Hidayati sebagai Sekretaris Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Bantul periode 2022-2027.

“Mari kita sadari Muhammadiyah ini adalah organisasi yang besar dan tua. Kita sebagai kader persyarikatan juga tidak mudah gumunan atau tidak gampang heran dengan kegiatan di luar.

Kalau itu terjadi, mari kita introspeksi diri dan ingat bahwa Muhammadiyah adalah organisasi yang mandiri. Itulah yang membuat kita sangat berpotensi,” ungkap Arba Riksawan Qomaru dalam sambutan perdananya sebagai Ketua PDM Bantul.

Kemudian, Farida Ulfah Ma’rifah dalam sambutannya juga memohon doa restu dan bimbingan dari PWM dan PWA DIY serta warga Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah seluruh Bantul.

“Bismillah, insyaallah kita bersama-sama melaksanakan amanah persyarikatan untuk melanjutkan tampuk kepemimpinan lima tahun ke depan,” tutur Farida di hadapan Musyawirin dan tamu undangan yang hadir.

Musyda pun ditutup secara resmi pada hari Ahad (19/3) sore oleh Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Ridwan Furqoni, M.P.I. bersama dengan Wakil Ketua PWM DIY Iwan Setiawan, M.Pd.I. dan Sekretaris PWM DIY Arif Jamali Muis, M.Pd.

“Kabupaten Bantul melaksanakan Musyda yang ke-13 dan sore hari ini bisa selesai dengan menggembirakan. Ini kesyukuran yang luar biasa buat semuanya,” ujar Ridwan.

Kemudian beliau mengucapkan selamat kepada PDM dan PDA Kabupaten Bantul periode 2015-2022 yang telah menunaikan amanah dengan baik sembari berdoa agar apa yang dikerjakan selama tujuh tahun menjadi prasasti amal shalih yang manfaatnya luas dan panjang sehingga menjadi amal jariyah.

Selanjutnya, ucapan selamat juga dihaturkan kepada pimpinan yang baru serta mengajak segenap warga persyarikatan untuk mendukung Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah di Bantul semakin berkemajuan.

“Sebab, tantangan persyarikatan ke depan semakin tidak ringan. Muhammadiyah sebagai gerakan tajdid atau pembaharuan harus terus digelorakan di setiap sektor, sehingga dakwah kita bisa menjangkau komunitas-komunitas di sekitar, supaya bisa dihiasi dengan nuansa islami dan semangat beragama,” tegas Ridwan. (*)


Wartawan: Dzikril Firmansyah

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here