News

News

MediaMU.COM

Apr 28, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Atasi Perubahan Iklim, MLH PP Muhammadiyah Tanam 1000 Pohon Mangrove Timnas U-23 Indonesia Kalahkan Korsel di Piala Asia, PP Muhammadiyah Beri Apresiasi Menang Lewat Adu Penalti lawan Korsel, Indonesia Satu Kaki Menuju Olimpiade 2024 Babak I Perempat Final Piala Asia U-23: Indonesia Unggul 2-1 atas Korea Selatan Inilah Doa untuk Mengharap Kemenangan Timnas U-23 Indonesia di Piala Asia PP Muhammadiyah Apresiasi Sikap Kenegarawanan Anies dan Ganjar Haedar Nashir: Indonesia Harus Dibangun dengan Pemikiran Moderasi dan Multi Perspektif Pasca Putusan MK, Abdul Mu'ti Apresiasi Sikap Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud FLC PWM DIY dan SDN Karangsari Kolaborasi Tingkatkan Motivasi Belajar Anwar Abbas Harap Muhammadiyah-NU Bersatu Hadapi Peralihan Peradaban Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Minta Semua Pihak Hormati Putusan MK Inilah Makna Syawalan Bagi Cabang Ranting dan Masjid Berkemajuan Sukses di DPD RI, PWM DIY Siapkan Kader-kader Terbaiknya di Pilkada Serentak 300 Warga Muhammadiyah Ngaglik Hadiri Syawalan, Siap Bangun SMP Muhammadiyah yang Pertama Timnas U-23 Menang Lawan Australia Berkat Mahasiswa Muhammadiyah, Inilah Komentar Syauqi Soeratno Dukung Timnas U-23 di Piala Asia, PP Muhammadiyah Gelar Nonton Bareng Ragam Cerita Posko Mudikmu Tempel: Insiden Minibus dan Evakuasi Pemudik Terlantar Haedar Nashir: Puasa Ramadan Memberikan Nilai Tengahan Bagi Umat Muslim Alumni Sekolah Muhammadiyah Harus Punya Nilai Lebih Dan Beda Video Pendeta Gilbert Viral dan Tuai Polemik, Ini Respons Sekum PP Muhammadiyah

PWM DIY Gerak Cepat Manfaatkan Tanah dan Bangunan Wakaf

YOGYAKARTA — Gerak cepat pemanfaatan wakaf dilakukan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY. Tujuh (7) bulan setelah penyerahan, Grha “TR” di Jalan Gedongkuning 156 Yogyakarta (sekitar 500 meter arah selatan dari Kantor PWM DIY) diresmikan penggunaannya, Rabu 9 Juni 2021.

Di atas tanah wakaf 486 meter persegi itu terdapat bangunan yang dimanfaatkan sebagai kantor bersama. Yang berkantor disini adalah Lazismu DIY, LPHU KBIHU ‘Aisyiyah, Majelis Wakaf dan Kehartabendaan PWM DIY dengan beberapa program seperti SIMAM (Sistem Informasi Manajemen Aset Muhammadiyah), Sekolah Wakaf, dan JariyahMu (Badah Nazhir Wakaf Uang).

Wakif atau orang yang mewakafkan tanah dan bangunan itu adalah H. Rudi Sastiawan dan Hj. Tutik Herwanti. Sedangkan nadzir atau penerima wakaf adalah PWM DIY. Penyerahan wakaf dilakukan pada awal Desember 2020.

“Semoga (wakaf ini) bermanfaat untuk kegiatan dunia, karena urusan akhirat ada di tangan Allah,” kata Rudi Sastiawan. Ia memberi catatan tentang wakaf tersebut, yakni untuk kegiatan dakwah dan sosial kemanusiaan Muhammadiyah.

“Karena pesannya seperti itu, maka PWM DIY harus melaksanakan,” kata Ketua PWM DIY, Gita Danu Pranata, dalam sambutan peresmian penggunaan. Nama Grha “TR” adalah singkatan dari Tutik dan Rudi.

Menurut data, jumlah wakaf yang dikelola PWM DIY sampai saat ini berupa tanah (26.268 meter persegi), bangunan (1.867 m2), barang (2.521), dan kendaraan (9 unit). “Itu adalah wakaf dengan nadhir PWM. Jadi tidak termasuk UMY, UAD, RS PKU yang nadhirnya PP,” jelas Gita.

Peresmian penggunaan ditandai dengan pengguntingan pita di pintu masuk oleh Hj. Tutik Herwanti. Acara ini juga dihadiri dokter H. Agus Taufiqurrahman, Sp.S., M.Kes. yang sekaligus menyampaikan tausiyah tentang hikmah silaturahmi.

Gita berharap, dengan adanya kantor baru tersebut kegiatan menjadi lebih lancar dan berkemajuan. “Silakan masing-masing menggunakan secara maksimal. Monggo ibu-ibu PWA DIY memanfaatkan ruang di depan ini untuk kegiatan bimbingan haji dan lain-lain,” katanya.

Kepada mediamu.com Gita menjelaskan perihal SIMAM. Menurutnya, awalnya adalah program PWM DIY, tapi kemudian menjadi program nasional sehingga pengelolaan dilakukan PP Muhammadiyah. Dengan program tersebut akan mudah mengetahui aset Muhammadiyah di seluruh Indonesia.

“Jadi, sekarang tidak sulit mencari tahu aset Muhammadiyah se Indonesia. Misalnya berapa banyak dan apa saja aset, serta data lebih detil lainnya,” papar Gita.

Bersamaan dengan launching tersebut dilakukan penyerahan bantuan mobil oleh RS PKU Muhammadiyah Gamping kepada PWM DIY. Kemudian oleh PWM diserahkan kepada Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting (LPCR) sebagai mobil operasional. (hr)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here